Breaking News:

Bank BPD DIY Syariah Lakukan Terobosan di Masa Pandemi Covid-19

Bank BPD DIY Syariah terus membuat terobosan di masa pandemi Covid-19 untuk melayani konsumen dengan maksimal.

Penulis: Ardhike Indah | Editor: Kurniatul Hidayah

Laporan Reporter Tribun Jogja, Ardhike Indah

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Bank BPD DIY Syariah terus membuat terobosan di masa pandemi Covid-19 untuk melayani konsumen dengan maksimal.

Pimpinan Cabang Bank BPD DIY Syariah, Bambang Permana Hadi SE MM mengatakan, kini pihaknya sudah melirik dan mengembangkan sejumlah layanan berbasis teknologi.

Hal ini merespons karakteristik masyarakat pasca pandemi Covid-19 yang memilih untuk mengutamakan penggunaan layanan digital ketimbang layanan tatap muka.

Baca juga: Sebanyak 600 Kilogram Bawang Merah Siap Panen di Klaten Raib Digondol Maling

“Kami berusaha menangkap peluang digitalisasi. Di masa pandemi ini, Bank BPD DIY Syariah juga berbenah secara internal dan memperbaiki portofolio agar ke depan pelayanan semakin maksimal,” katanya dalam webinar ‘Tantangan dan Peluang Lembaga Keuangan Syariah Pasca Pandemi Covid-19.

Webinar tersebut digelar berkat kerjasama Bank BPD DIY Syariah, Magister Manajemen FEB Universitas Ahmad Dahlan, Repoeblik Kopi, HMPS MM UAD dan Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS), Jumat (6/8/2021).

Dia menjelaskan, dari hasil pengamatan, perubahan pola transaksi muncul pasca Covid-19 melanda dunia, tidak terkecuali di DI Yogyakarta.

Masyarakat lebih memilih untuk memanfaatkan teknologi dari segenggam gawai pintar tanpa keluar rumah. Bahkan, belanja bahan sehari-hari pun sekarang bisa memanfaatkan marketplace.

“Tadinya, nasabah perlu ke bank untuk setor uang, datang ke teller. Namun, sekarang zamannya digital, Mereka bisa saja tidak perlu ke teller saat setor uang,” beber Bambang.

Dikatakannya, ada beberapa cara untuk mengejar pelayanan maksimal ini, yakni penyediaan Bank BPD DIY Mobile.

Dengan aplikasi yang ada di gawai pintar, nasabah bisa melakukan kegiatan transaksi finansial hanya dengan beberapa kali klik tanpa harus beranjak dari tempat duduk.

“Adapula CMS Bank BPD DIY yang memungkinkan pengelolaan cash manajemen untuk perusahaan maupun institusi dari kantornya. Mereka sudah tidak perlu lagi datang ke bank untuk mengelola itu semua,” tuturnya.

Salah satu fitur yang paling terkenal adalah fitur QUAT atau QRIS Ultimate Automated Transaction. Dengan fitur tersebut, nasabah bisa langsung bertransaksi tanpa duit cash.

Baca juga: Paket Sembako Dibagikan Polres Klaten ke Pedagang Klitikan dan Pekerja Harian

QUAT bisa digunakan dengan kode QRIS yang ada. Sehingga, penjual hanya tinggal menyodorkan kode tersebut dan pembeli menyodorkan aplikasi Bank BPD DIY mobile untuk membayarnya.

“Kami juga sudah punya agen Bank BPD DIY yang bisa tarik, setor, pembayaran PBB, pajak, pembelian pulsa di agen. Ini kami lakukan agar pelayanan semakin maksimal,” tandasnya.

Dalam webinar itu hadir pula Dekan FEB UAD Dr Salamatun Asakdiyah, Presiden Repoeblik KOPI Dr Purwoko MM, Kepala Divisi Pasar Modal Syariah KNEKS serta dan Dosen MM FEB UAD Dr Taufik Hidayat MEc. (ard)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved