Breaking News:

Gugus Tugas Covid-19 Kulon Progo Perkuat 3 T Selama Perpanjangan PPKM Level 4 

Seluruh wilayah DI.Yogyakarta termasuk Kabupaten Kulon Progo tetap masuk level 4 selama perpanjangan pemberlakuan pembatasan kegiatan

Penulis: Sri Cahyani Putri | Editor: Kurniatul Hidayah
TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
Berita Kulonprogo 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Sri Cahyani Putri Purwaningsih

TRIBUNJOGJA.COM, KULON PROGO - Seluruh wilayah DI.Yogyakarta termasuk Kabupaten Kulon Progo tetap masuk level 4 selama perpanjangan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) yang berlangsung hingga 9 Agustus 2021 mendatang 

Selama PPKM level 4 tersebut, gugus tugas penanganan Covid-19 kabupaten setempat akan memperkuat 3T yakni testing, tracing dan treatment. 

Juru Bicara Penanganan Covid-19 Kabupaten Kulon Progo, Baning Rahayujati mengatakan gugus tugas telah menambah kemampuan testing yang sebelumnya pengujian sampel hanya di Balai Besar Veteriner (BBVet) Wates kini sudah dibantu oleh Balai Laboratorium Kesehatan dan Kalibrasi (BLKK) Yogyakarta. 

Baca juga: UPDATE Covid-19 DI Yogyakarta 3 Agustus 2021: Tambah 1.445 Kasus, 85 Pasien Dilaporkan Meninggal

Dengan kemampuan tes sampel di BLKK sekitar 200-300 per hari. Sementara di BBVet sekitar 120-an sampel per hari. 

"Jadi setiap hari kita sudah mampu melakukan pemeriksaan 400 sampel RT-PCR. Sementara swab antigen setiap puskesmas sudah mampu melakukan tes. Untuk kebutuhan reagen di puskesmas juga cukup digunakan sampai akhir tahun. Karena selain pengadaan dari anggaran daerah juga mendapatkan dari provinsi," tutur Baning, Selasa (3/8/2021). 

Selanjutnya upaya tracing, gugus tugas pada Agustus ini menambah 128 petugas tracer. 

Petugas tersebut direkrut dari orang-orang yang memiliki pendidikan memadai. 

Mereka nantinya akan disebar ke setiap puskesmas. Berdasarkan jumlah kasus Covid-19 dan penduduknya. 

Baca juga: Lagi, Lansia Gunungkidul Jadi Korban Penipuan Bermodus Gendam

Harapannya proses tracing di Kulon Progo bisa menyesuaikan target nasional yakni satu kasus bisa mentracing sampai 15 orang. 

Kemudian untuk treatment, gugus tugas akan mengoptimalkan kapasitas tempat tidur di RSUD Wates. Dengan mengkonversi bed pelayanan umum menjadi ruang isolasi sekitar 45 persen. 

Sehingga dengan penambahan TT, warga setempat yang terkonfirmasi positif Covid-19 bisa mendapatkan layanan kesehatan di Kabupaten Kulon Progo. (scp) 

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved