Breaking News:

Jawa

Capai Rp 568 Juta, Pemkot Magelang Cairkan Bantuan Keuangan Parpol di Kota Magelang

Bantuan keuangan ini untuk mendorong agar partai semakin mengakar di masyarakat. 

Penulis: Nanda Sagita Ginting | Editor: Gaya Lufityanti
TRIBUNJOGJA.COM / Nanda Sagita
Pemberian bantuan keuangan Parpol di Kota Magelang secara simbolis oleh Wali Kota Magelang dr. Muchamad Nur Aziz , Jumat (30/07/2021) 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Nanda Sagita Ginting

TRIBUNJOGJA.COM - Pemerintah Kota (Pemkot) Magelang cairkan bantuan keuangan kepada partai politik yang memiliki perwakilan legislatif di Kota Magelang untuk menunjang peranan di masyarakat.

Wali Kota Magelang dr. Muchamad Nur Aziz (Dokter Aziz) menuturkan, bantuan keuangan ini untuk mendorong agar partai semakin mengakar di masyarakat. 

"Bantuan ini untuk mendorong partai semakin mengakar di masyarakat. Masyarakat juga lebih dewasa, jangan karena beda partai masyarakat jadi pecah," ujarnya di Pendopo Pengabdian, Kompleks rumah jabatan Wali Kota Magelang, Jumat (30/7/2021). 

Baca juga: Sebanyak 7.699 Warga di Kota Magelang Terima Bantuan Sosial Tunai

Adapun total bantuan tersebut mencapai Rp568.199.000.

Dengan besaran bantuan keuangan setiap partai politik bervariasi, yakni untuk PDIP Rp 197 juta, PKS Rp 79,2 juta, Partai Demokrat Rp 77,9 juta, PKB Rp 67,1 juta dan Partai Golkar Rp 49,6 juta.

Sedangkan untuk Partai Gerindra Rp 42,7 juta, Partai Hanura Rp 33,8 juta dan Partai Perindo Rp 20,6 juta.

Ia menambahkan, adanya bantuan ini, diharapkan, dapat membantu Kota Magelang dalam menghadapi pandemi global Covid-19 yang tidak kunjung reda. 

Dengan cara menyatukan semua elemen masyarakat, termasuk partai politik yang duduk di lembaga Legislatif.

Baca juga: PPKM Diperpanjang, PKL di Kota Magelang diperbolehkan Buka Layanan Dine In

"Menghadapi pandemi harus bersatu, jangan mencari kelemahan. Bangsa ini berhadapan dengan bangsa lain.  Boleh berdebat, berdiskusi, tapi setelah itu harus bersatu," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Badan Kesbang Pol dan Linmas Kota Magelang, Hamzah Kholifi menjelaskan, besaran bantuan keuangan yang diterima oleh masing-masing partai politik ini sesuai Peraturan Wali Kota Magelang Nomor 15/2020 tentang tata cara penghitungan dan besarnya bantuan keuangan kepada partai politik di Kota Magelang periode 2020-2023 berdasarkan hasil pemilu 2019.

"Kegiatan bantuan keuangan kepada parpol ini dibiayai oleh APBD Kota Magelang tahun anggaran 2021," urainya. ( Tribunjogja.com )

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved