Breaking News:

Kota Yogyakarta

Pemkot Yogya Patok Target, Lanjutan Revitalisasi Pedestrian Jalan Sudirman Dimulai Agustus 2021

Per 26 Juli DPUPKP Kota Yogyakarta akan melakukan koordinasi dan persiapan tahap akhir dengan pemenang lelang.

Penulis: Azka Ramadhan | Editor: Gaya Lufityanti
Tribunjogja.com
Pedestrian jalan Jenderal Sudirman, Kota Yogyakarta, Jumat (18/12/2020). 

TRIBUNJOGJA.COM - Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta mematok target dapat memulai pekerjaan fisik revitalisasi pedestrian Jalan Jendral Sudirman pada awal Agustus 2021 mendatang.

Proyek infrastruktur ini, menyasar trotoar dari simpang Galeria Mall, hingga Gramedia.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Kota Yogyakarta, Hari Setya Wacana mengatakan, per 26 Juli pihaknya akan melakukan koordinasi dan persiapan tahap akhir dengan pemenang lelang.

Jika tak ada kendala, maka proyek segera bergulir.

"Kalau memang sudah siap, minggu-minggu depan sudah mulai fisiknya. Kalau tidak, ya awal Agustus, karena kita baru saja pelimpahan kembali, terus penandatanganan kontrak lelangnya," ujarnya, Minggu (25/7/2021).

Baca juga: Pemkot Yogyakarta Geber Lagi Pembangunan Fisik

"Sesuai dengan kontrak, masa pekerjaannya 150 hari, ya, sehingga kalau Agustus dimulai, akhir tahun atau Desember sudah bisa selesai fisiknya," imbuh Hari.

Nantinya, proyek akan langsung menyasar trotoar di sisi utara dan selatan sekaligus, dengan pagu anggaran sekira Rp19,9 miliar, dari Dana Keistimewaan (Danais).

Sedangkan konsepnya akan disesuaikan dengan satuan ruang strategis Kotabaru, yang sudah lama dicanangkan.

"Taman yang di trotoar dikurangi sedikit lebarnya, supaya pejalan kaki lebih nyaman ketika ruang di pedestrian makin lebar. Prinsipnya, seperti ruas yang di simpang Gramedia ke barat itu, sampai jembatan," ungkapnya.

Dalam proyek revitalisasi ini, Hari menyampaikan, seluruh fiber optic yang kini masih melintang di ruas jalan tersebut, akan dipindahkan ke bawah tanah, dengan sistem ducting.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved