Breaking News:

OJK dan IJK Berikan Donasi Rp 150 Juta untuk Sonjo, Dukung Operasional Relawan di Selter Desa

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bekerja sama dengan Industri Jasa Keuangan (IJK) menyerahkan bantuan senilai Rp 150 juta untuk komunitas Sambatan Jogja

Penulis: Ardhike Indah | Editor: Kurniatul Hidayah
TRIBUNJOGJA/ Ardhike Indah
Penyerahan bantuan dari OJK dan IJK untuk Komunitas Sonjo, dukung operasional relawan di selter desa 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Ardhike Indah

TRIBUNJOGJA.COM, BANTUL - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bekerja sama dengan Industri Jasa Keuangan (IJK) menyerahkan bantuan senilai Rp 150 juta untuk komunitas Sambatan Jogja (Sonjo), Rabu (21/7/2021).

Bantuan diserahkan langsung di halaman RS Patmasuri Bantul yang kini menjadi selter bagi para pengidap Covid-19 bergejala ringan.

Penyerahan turut disaksikan oleh Ninik Istitarini dari Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul, Wahyudi Anggoro Hadi Lurah Panggungharjo, dan Mambaul Bahri dari Sonjo.

Baca juga: Umat Kristen DI Yogyakarta Gelar Doa Bersama, Meminta Keselamatan dari Pandemi Covid-19

“Sejak awal pandemi ini, kami memang menyisihkan sebagian gaji untuk ikut peduli terhadap kondisi pandemi Covid-19. Kami berkomitmen untuk membantu masyarakat yang terdampak pandemi,” ungkap Kepala OJK DIY, Parjiman kepada wartawan, Rabu (21/7/2021).

Diketahui, dana kemanusiaan itu masuk dalam program ‘OJK dan IJK Peduli Bencana’ yang dihimpun dari Anggota Dewan Komisioner OJK, 169 Industri Jasa Keuangan (Perbankan, Pasar Modal, dan IKNB) serta asosiasi di sektor jasa keuangan dan juga bantuan dari Pegawai OJK.

“Nah, beberapa waktu lalu, kami berbincang dengan pak Rimawan dari Sonjo dan dia bilang, di selter di kampung membutuhkan banyak bantuan, khususnya yang berkaitan dengan infrastruktur,” bebernya.

Untuk itu, pihaknya setuju membantu sejumlah selter agar masyarakat bisa isolasi mandiri (isoman) dengan aman.

Parjiman menambahkan, OJK dan IJK memberikan dana dan Sonjo akan mengolahnya dengan membelikan kebutuhan alat pendukung penanganan Covid-19.

Alat pendukung yang dimaksud diantaranya ada APD level 3, wearpack level 2, vitamin dan kasur serta kebutuhan lain yang diperlukan untuk selter-selter dan tim relawan.

Ditambahkan Parjiman, pihaknya juga tetap berkomitmen membantu pemerintah menekan penyebaran virus corona di Indonesia dan DI Yogyakarta.

Dengan begitu, kegiatan vaksinasi tetap dijalankan untuk pekerja di sektor IJK agar kekebalan komunal segera terbentuk dan ekonomi bisa berjalan seperti biasanya.

Sementara, Rimawan Pradiptyo, inisiator Sonjo mengucapkan terimakasih atas bantuan dari OJK dan IJK. Dana tersebut akan membantu banyak relawan yang mengurus perkembangan selter di DI Yogyakarta.

Baca juga: Kasus Covid-19 di Bantul Masih Tinggi, Satpol PP: Mobilitas Warga Tingkat Mikro Perlu Diawasi

“Relawan itu butuh dukungan juga di masa pandemi ini. Bukan hanya tenaga kesehatan (nakes). Maka, bantuan-bantuan seperti ini bisa membantu mereka mengembangkan selter isoman yang aman bagi masyarakat,” beber Rimawan.

Dia berharap, ada semakin banyak institusi yang mau peduli dengan kesehatan relawan dan mendukung gerakan di kampung-kampung agar masyarakat aman dan penyebaran virus corona dapat tertekan. (ard)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved