Breaking News:

Berita Kesehatan

Ini yang Terjadi Setelah Anda Berhenti Merokok dalam Hitungan Hari, Bulan dan Tahunan

Berhenti merokok berarti memutus siklus kecanduan dan pada dasarnya mengatur ulang otak untuk berhenti mendambakan nikotin

Penulis: Mona Kriesdinar | Editor: Mona Kriesdinar
Tribun Jogja/ Suluh Pamungkas
Ilustrasi 

TRIBUNJOGJA.COM - Menghentikan kebiasaan merokok memang sangat berat, terutama bagi Anda yang sudah merokok selama bertahun-tahun. Namun, manfaat yang nantinya diterima jauh lebih besar terutama bagi kesehatan Anda.

Anda perlu tahu bahwa berhenti merokok berarti memutus siklus kecanduan dan pada dasarnya mengatur ulang otak untuk berhenti mendambakan nikotin. Nah, agar berhasil, perokok yang ingin berhenti perlu memiliki rencana untuk mengalahkan keinginan dan pemicunya.

Semakin cepat seorang perokok berhenti, semakin cepat mereka akan mengurangi risiko kanker, penyakit jantung dan paru-paru, dan kondisi lain yang berhubungan dengan merokok.

Baca juga: Ciri-ciri Batuk Gejala Kanker Paru-paru yang Perlu Anda Waspadai

Pertanyaannya, kapan Anda bisa mendapatkan manfaat dari menghentikan kebiasaan merokok?

1. Setelah 1 jam

Hanya dalam 20 menit setelah rokok terakhir dihisap, detak jantung turun dan kembali normal. Tekanan darah mulai turun, dan sirkulasi mungkin mulai membaik.

2. Setelah 12 jam

Rokok mengandung banyak racun yang diketahui termasuk karbon monoksida, gas yang ada dalam asap rokok.

Gas ini bisa berbahaya atau fatal dalam dosis tinggi dan mencegah oksigen memasuki paru-paru dan darah. Bila terhirup dalam dosis besar dalam waktu singkat, bisa terjadi mati lemas karena kekurangan oksigen.

Setelah hanya 12 jam tanpa rokok, tubuh membersihkan diri dari kelebihan karbon monoksida dari rokok. Tingkat karbon monoksida kembali normal, meningkatkan kadar oksigen tubuh.

Baca juga: 5 Penyakit Paru-paru yang Umum Terjadi di Indonesia Beserta Penyebabnya

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved