Breaking News:

Wabah Virus Corona

Inilah Perbedaan Gejala Covid-19 Varian Delta dengan Varian Lainnya

Varian Delta disebut lebih mudah dan cepat menular dibandingkan dengan varian umum lainnya. 

Editor: Rina Eviana
Shutterstock
Ilustrasi COVID-19 varian delta 

Tribunjogja.com - Saat ini Varian Delta disebut sebagai penyebab gelombang lonjakan kasus Covid-19 di sejumlah negara, termasuk Indonesia.

Di Indonesia sendiri, angka kasus Covid-19 kembali melonjak bersamaan setelah libur mudik Lebaran 2021.

Adapun hingga Rabu 14 Juli 2021 kemarin, jumlah kasus akumulatif Covid-19 di Indonesia  sebanyak 2.670.046 orang.

Petugas kesehatan mengenakan alat pelindung memindahkan seorang pasien yang dites positif virus corona Covid-19 ke sebuah rumah sakit di Bekasi pada 28 Juni 2021
Petugas kesehatan mengenakan alat pelindung memindahkan seorang pasien yang dites positif virus corona Covid-19 ke sebuah rumah sakit di Bekasi pada 28 Juni 2021 (Rezas / AFP)

Untuk itu, penting mengetahui apa saja gejala varian baru virus corona, varian Delta yang saat ini sedang menjadi perhatian khusus.

Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta mengunggah infografis perbedaan gejala varian Delta SARS-Cov-2 dengan varian umum SARS-Cov-2 yang ditemukan pertama kali di Wuhan, China. 

Dalam infografis dijelaskan yang termasuk varian Delta adalah keturunan dari B.1.617.2 atau G/452R.V3 dari garis keturunan B.1.617 yang menyebabkan Covid-19

"Varian ini pertama kali teridentifikasi di India pada Desember 2020," tulis Pemprov DKI seperti diunggah Dinkes DKI Jakarta, Selasa (13/7/2021). 

Baca juga: Daftar Herbal Pendongkrak Imunitas Tubuh untuk Cegah Covid-19

Varian Delta disebut lebih mudah dan cepat menular dibandingkan dengan varian umum lainnya. 

"Riset sejauh ini menyebutkan bahwa Covid-19 varian Delta memiliki tingkat penularan lebih tinggi hingga 40 persen dibandingkan virus Corona varian Alpha," tulis Pemprov DKI. 

Pemprov DKI juga memberikan klasifikasi gejala yang umumnya disebabkan oleh varian Delta dan perbandingan gejala yang disebabkan oleh varian umum. 

Baca juga: Catat, Ini Link Penting Selama Pandemi: Info Ketersediaan RS, Tabung Oksigen, Hingga Lokasi Vaksin

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved