Breaking News:

Wabah Virus Corona

Perhatikan, Ini Obat dan Vitamin Bagi Penderita Covid-19 dengan Gejala Ringan Menurut Saran Dokter

Berikut rekomendasi dari dokter soal obat-obatan dan vitamin apa saja yang direkomendasikan untuk penderita Covid-19 dengan gejala ringan.

Editor: Rina Eviana
parade.com
ilustrasi obat 

Tribunjogja.com - Kasus baru Covid-19 di Indonesia melonjak dari hari ke hari. Banyak masyarakat yang terkena penularan Covid-19.

Mulai gejala ringan hingga berat dan butuh penanganan fasilitas kesehatan.

Bagi Anda yang dinyatakan positif Covid-19 dengan gejala ringan, perhatikan untuk memilih obat-obatan untuk memulihkan kondisi kesehatan Anda.

Berikut rekomendasi dari dokter soal obat-obatan dan vitamin apa saja yang direkomendasikan untuk penderita Covid-19 dengan gejala ringan.

Ilustrasi serangan flu saat sistem kekebalan tubuh melemah
Ilustrasi serangan flu saat sistem kekebalan tubuh melemah (Queens Library)

Untuk Anda ketahui obat dan vitamin untuk Covid-19 bisa berbeda bagi setiap pasien, bergantung pada kondisi kesehatan dan keparahan gejala yang dialami.

Saat terkonfirmasi positif Covid-19, usahakan untuk tetap tenang agar bisa mengambil langkah penanganan yang tepat, termasuk mencari informasi seputar obat-obatan yang harus dikonsumsi.

Dr. dr. Erlina Burhan, M.Sc SpP(K), dokter spesialis paru dari Divisi Infeksi Departemen Pulmonologi dari Kedokteran Respirasi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, memberikan anjuran mengenai obat dan vitamin untuk Covid-19.

Dalam Webinar bertajuk “Isolasi Mandiri Pasien Covid”, Jumat, 2 Juli 2021, dr. Erlina mengatakan bahwa pasien Covid-19 tidak boleh mengonsumsi obat yang tidak sesuai saran dari dokter.

Untuk pasien Covid-19 gejala ringan, dr. Erlina menyarankan untuk mengonsumsi vitamin dan antivirus dari dokter.

“Kalau ada gejala ringan, minum vitamin C, vitamin D, dan ditambah antivirus yang diresepkan oleh dokter. Jangan tentukan sendiri,” ujarnya.

Adapun gejala ringan Covid-19 di antaranya adalah demam, batuk kering, dan kelelahan. Sedangkan kondisi seperti sesak napas dan nyeri dada tergolong gejala yang serius.

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved