Breaking News:

Tekan Angka Bunuh Diri, Pemkab Gunungkidul Banyak Lakukan Pendampingan

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunungkidul masih terus berupaya mencari cara untuk menekan angka bunuh diri. Pasalnya, hingga 2021 ini kasus bunuh diri

Penulis: Alexander Aprita | Editor: Kurniatul Hidayah
via kompas.com
Ilustrasi bunuh diri 

TRIBUNJOGJA.COM, GUNUNGKIDUL - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunungkidul masih terus berupaya mencari cara untuk menekan angka bunuh diri.

Pasalnya, hingga 2021 ini kasus bunuh diri terus dilaporkan, bahkan disebut meningkat.

Kasubbag Kesehatan dan Pemberdayaan Perempuan, Bagian Administrasi Kesejahteraan Rakyat (Kesra), Sekretariat Daerah (Setda) Gunungkidul, Siti Badriyah mengatakan pihaknya banyak melakukan pendampingan.

Baca juga: Dampak Pandemi, Angka Kunjungan Wisatawan di Kabupaten Magelang Turun Hingga 80 Persen

"Pendampingan kami lakukan terutama pada wilayah dengan angka bunuh diri yang tinggi," kata Siti memberikan keterangannya pada Kamis (17/06/2021).

Tak hanya itu, pihaknya juga mengupayakan deteksi dini pada warga yang nemiliki kecenderungan bunuh diri. Deteksi dini dilakukan dengan pelatihan teknik wawancara.

Menurut Siti, pelatihan itu ditujukan pada warga beresiko, penyintas, hingga keluarga korban bunuh diri. Adapun prosesnya turut melibatkan PKK tingkat kabupaten hingga pedukuhan.

"Hasil pendampingan itu kami evaluasi dan dijadikan sebagai bahan untuk menekan angka bunuh diri tadi," jelasnya.

Secara regulasi, Gunungkidul pun sudah memiliki sejumlah aturan pendukung. Antara lain Peraturan Bupati 56/2018 serta Surat Keputusan (SK) Bupati 121/2017 tentang Tim Penanggulangan dan Penanganan Bunuh Diri.

Siti mengatakan saat ini pihaknya sudah menerbitkan Buku Modul Penanganan Faktor Bunuh Diri. Lewat berbagai instrumen itu, ia optimis kasus bunuh diri tetap bisa ditekan.

"Tentu kami juga akan bekerja lebih intens lagi untuk menekan angka bunuh diri tersebut," katanya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved