Breaking News:

Disdikbud Kabupaten Magelang Rencanakan Lakukan Perluasan Uji Coba PTM Saat Ajaran Baru 

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Magelang berencana melakukan perluasan untuk uji coba pembelajaran tatap muka

Penulis: Nanda Sagita Ginting | Editor: Kurniatul Hidayah
TRIBUNJOGJA/ Nanda Sagita Ginting
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Magelang, Aziz Amin Mujahidin 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Nanda Sagita Ginting

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Magelang berencana melakukan perluasan untuk uji coba pembelajaran tatap muka (PTM) di wilayahnya.

Sebelumnya, uji coba PTM pertama dan kedua telah dilaksanakan di tiga sekolah menengah pertama (SMP) yakni, SMP 1 Mertoyudan, SMP 1 Mungkid, dan SMP 1 Salaman.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Magelang, Aziz Amin Mujahidin mengatakan, uji coba PTM pada ketiga SMP di wilayah Kabupaten Magelang termasuk uji coba tahap pertama dan kedua.

Baca juga: Kasus Covid-19 di Kota Yogyakarta Cenderung Naik, Ini Rekomendasi Legislatif

"Sejauh ini sudah ada tiga SMP yang menjalani PTM, di mana tahap pertama dilaksanakan pada 17-23 April. Kemudian, tahap kedua 26 April sampai 7 Mei lalu. Sedangkan , tahap ketiga direncanakan pada 12 juli mendatang bersamaan dengan tahun ajaran baru," jelasnya Minggu, (13/06/2021).

Namun demikian, lanjutnya, pelaksanaan perluasan uji coba PTM tetap merujuk pada kajian epidemologi dari perkembangan kasus Covid-19 di wilayah Magelang.

Sehingga, rujukan perluasaan uji coba PTM tetap menunggu rekomendasi dari dari Satgas Covid-19.

"Tetap kami menyesuaikan dengan konduksivitas (Covid-19) yang terjadi di  lapangan. Apabila, memang tidak memungkinkan di gelar maka bisa saja akan dilakukan penundaan. Sehingga, tetap  mengacu  pada izin dari Satgas Covid-19," tuturnya.

Sementara itu, Ia mengaku, seluruh sekolah yang ada di Kabupaten Magelang sudah siap untuk menjalankan sekolah tatap muka.

Sarana dan prasana  protokol kesehatan sudah dilengkapi untuk mendukung agar PTM berjalan lancar.

"Di Kabupaten Magelang terdapat sebanyak 692 SD dan 131 SMP, baik negeri maupun swasta. Sedangkan, lembaga  penyelenggaran pendidikan  sebanyak 879 unit.   Semua sudah siap akan prokes, sudah dilengkapi. Bahkan, selama uji coba PTM pertama dan kedua berjalan lancar tidak ada kendala," terangnya.

Baca juga: Nisan Unik Berbentuk Mobil di Pemakaman Gunung Sempu Bantul, Ini Penuturan Petugas Kebersihan Makam

Pihaknya, juga mempersiapkan beberapa skema untuk  perluasan uji coba PTM pada Juli mendatang.

Di antaranya, kapasitas hadir siswa hanya 25 persen dari kondisi normal. Kemudian, diutamakan siswa yang rumahnya dekat dengan sekolah.

"Ya, kami pertimbangkan untuk siswa yang bisa melaksanakan PTM memiliki ru.ah yang jaraknya dekat dengan sekolah. Bahkan, untuk berangkat ke sekolah  diminta tidak menggunakan transportasi umum , bisa diantar oleh orang tua, naik sepeda, atau jalan kaki," tuturnya. (ndg)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved