Breaking News:

Pameran ‘Meretas Keterbatasan’, Karya 106 Siswa SLB Negeri 1 Yogyakarta yang Luar Biasa

Siapapun bisa menghasilkan karya seni, termasuk anak-anak berkebutuhan khusus (ABK) dari Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri 1 Yogyakarta.

Penulis: Ardhike Indah | Editor: Kurniatul Hidayah
TRIBUNJOGJA/ Ardhike Indah
Sebagian karya siswa SLB Negeri 1 Yogyakarta yang dipamerkan di Pendopo Dinas Kebudayaan DI Yogyakarta, Jumat (11/6/2021) 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Ardhike Indah

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Siapapun bisa menghasilkan karya seni, termasuk anak-anak berkebutuhan khusus (ABK) dari Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri 1 Yogyakarta.

Dalam pameran ‘Meretas Keterbatasan’ yang dilaksanakan di Pendopo Dinas Kebudayaan DIY, pengunjung bisa melihat bagaimana keindahan karya buatan tangan ABK juga bisa dinikmati.

“Ini sebenarnya tugas dari guru. Selama pandemi ini, kami tetap berikan tugas daring dan luring,” ungkap Ratih Artika Dewanti SSn, Ketua Panitia Pameran ’Meretas Keterbatasan’ kepada Tribun Jogja, Jumat (11/6/2021).

Dia menjelaskan, untuk tugas luring, pihak sekolah sudah menyiapkan bahan yang nantinya bisa diambil di pos satpam oleh para orang tua.

Baca juga: Pilur Tinggal 5 Bulan, Pemkab Gunungkidul Masih Proses Perbup Lurah

Selebihnya, guru akan memandu orang tua dan siswa lewat video tutorial yang dibagikan di grup kelas.

“Dari hasil anak-anak ini, kami jadi berpikir, kenapa tidak dipamerkan sekalian. Kalau hanya dipamerkan di sekolah, yang mengapresiasi nanti hanya guru-gurunya,” ucap Ratih lagi.

Menurut Ratih, orang lain juga perlu tahu bahwa karya ABK ini luar biasa dan bisa setara dengan anak umum di luar sana.

“Banyak orang yang mengapresiasi pameran ini. Mereka kaget ternyata karya mereka bagus-bagus,” tambahnya.

Sebagian besar karya 106 siswa SLB Negeri 1 Yogyakarta berbentuk batik dan gambar, meski ada juga yang benar-benar membuat kerajinan tangan seperti tempat file dan lilin.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved