Breaking News:

Berita Kesehatan

4 Penyebab Sakit Kepala yang Paling Umum, Bisa Diobati dengan Bahan Rumahan

Sakit kepala merupakan keluhan kesehatan yang paling umum terjadi. Ini bisa dipicu oleh ketegangan, stres atau merupakan indikasi kesehatan serius

Penulis: Mona Kriesdinar
Editor: Mona Kriesdinar
ajp.com.au
ilustrasi 

TRIBUNJOGJA.COM - Sakit kepala merupakan keluhan kesehatan yang paling umum terjadi. Ini bisa dipicu oleh ketegangan, stres atau merupakan indikasi kesehatan serius terutama jika sakit kepala dirasakan terus-menerus.

Setidaknya ada 4 penyebab sakit kepala yang paling umum, meliputi ;

  1. Sakit kepala tegang sering terasa seperti nyeri kepala yang tumpul dan nyeri di dahi Anda. Ini sering disebabkan oleh stres.
  2. Sakit kepala migrain terasa seperti berdenyut hebat di satu bagian kepala. Ini juga dapat disebabkan oleh stres atau oleh rangsangan yang kuat di lingkungan Anda, seperti cahaya terang dan bau yang menyengat.
  3. Sakit kepala cluster sering bermanifestasi sebagai nyeri hebat di belakang mata dan mirip dengan sakit kepala migrain.
  4. Sakit kepala sinus sering terasa seperti tekanan di sekitar dahi, pipi, dan mata Anda. Ini biasanya merupakan tanda bahwa Anda memiliki hidung tersumbat atau sinus, dan mungkin merupakan tanda infeksi sinus.

Berikut ini adalah beberapa strategi sederhana yang dapat Anda coba di rumah untuk membantu meringankan sakit kepala ;

1. Gunakan kompres dingin atau panas

Untuk sakit kepala dengan nyeri memancar yang dimulai di satu daerah dan menyebar ke daerah lain, seperti sakit kepala migrain, cobalah untuk mengompres dengan air dingin di tempat timbulnya rasa sakit, kata Michael Devine , MD, dokter penyakit dalam dan geriatrik yang berbasis di Philadelphia.

Baca juga: Ini Efek Buruk yang Akan Terjadi Jika Berlebihan Minum Obat Pereda Sakit Kepala

Suhu dingin memiliki efek mati rasa, yang dapat menghilangkan rasa sakit.

Ini juga dapat menyempitkan pembuluh darah, yang dapat membantu meringankan migrain.

Anda dapat membuat kompres dingin sendiri dengan meletakkan handuk lembab di dalam freezer selama sekitar 10 menit. Atau bisa juga menggunakan kompres es.

Sementara itu, kompres air panas lebih cocok untuk sakit kepala tegang, kata Devine.

Ketegangan sakit kepala biasanya disebabkan oleh stres dan relaksasi otot leher dan bahu yang kaku dapat membantu meringankan sakit kepala jenis ini.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved