Breaking News:

Yogyakarta

Peringati Hari Sepeda Internasional, Gerakan Sego Segawe Akan Kembali Digelorakan di Yogyakarta

Harapannya kegiatan ini dapat dijadikan momentum untuk meningkatkan kebiasaan bersepeda kita sehari-hari,  dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Penulis: Yuwantoro Winduajie | Editor: Gaya Lufityanti
Shutterstock
Ilustrasi 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Guna memperingati Hari Sepeda Internasional dan Hari Lingkungan Hidup Internasional, Jogja Lebih Bike bersama dengan Sego Segawe Reborn menginisasi gerakan #PekanBersepeda yang akan berlangsung sepanjang 5-11 Juni 2021 mendatang.

Ketua Pelaksana Kegiatan Herman Dody, mengungkapkan, gerakan ini bertujuan untuk mengajak seluruh masyarakat Yogya untuk bersepeda sepanjang satu minggu lamanya.

Harapannya kegiatan ini dapat dijadikan momentum untuk meningkatkan kebiasaan bersepeda kita sehari-hari,  dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Terlebih jika menilik sejarah, Yogakarta merupakan kota sepeda.

Bersepeda secara rutin tak hanya menjadikan tubuh menjadi bugar tapi juga menjadi salah satu upaya untuk merawat bumi agar generasi mendatang bisa menghirup udara yang lebih bersih.

Baca juga: Peringati Hari Sepeda Dunia, Pemkot Yogya Gelar Gowes dan Penanaman Mohon Massal

Untuk menggelorakan gerakan #PekanBersepeda tersebut diharapkan masyarakat memposting di sosial media masing-masing saat bersepeda sepanjang tanggal 5-11 Juni dengan men-tag @jogjalebihbike dan @segosegawe.

Gerakan ini, lanjut dia, juga sejalan dengan maklumat Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X yang mengajak masyarakat untuk menggunakan sepeda dalam rangka menjaga lingkungan dan mengurangi polusi udara.

"Mari bersepeda ke manapun di mana pun dengan jenis sepeda apapaun antara tanggal itu," jelasnya.

Adapaun puncak dari gerakan tersebut akan dilaksanakan pada tanggal 12 Juni 2021 oleh Gubernur DIY dan perwakilan komunitas sepeda dengan melakukan deklarasi dan penanaman pohon di Kompleks Candi Prambanan.  

Ketua Pembina Sego Segawe, Herry Zudianto menyambut baik rencana komunitas dan Pemerintah Kota Yogyakarta untuk menggalakkan kembali gerakan Sego Segawe. 

Baca juga: Peringati Hari Sepeda Sedunia, Pemkot Magelang Instruksikan Berangkat Kerja Naik Sepeda

"Yogya masih nikmat untuk berbagai keperluan mobilisasi dengan menggunakan sepeda. Justru bersepeda itu kita menatap masa depan, bagaimana kita menjaga iklim, membantu lingkungan iklim, dan udara yang lebih baik," terang Herry.

Herry berharap agar gerakan ini dapat menjadi bagian dalam keseharian dan  kebiasaan masyarakat dalam kehidupannya.

"Kalau memang bisa bersepda ke suatu tempat kenapa tidak," tambahnya.  

Sejalan dengan Herry, Wakil Wali Kota Yogya, Heroe Poerwadi berharap gerakan ini dapat menumbuhkan kebiasaan masyarakat untuk menggunakan moda transportasi sepeda dalam keseharian. 

"Dengan ini juga jadi bagian kita upaya kita untuk menurukan emisi gas yang ada di Kota Yogya. Terelbih Yogya termausk agak menurun emisi gasnya di masa pandemi ini. Dengan bersepeda juga membangun lingkungan kota yang lebih sehat," jelasnya ( Tribunjogja.com )  

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved