Breaking News:

Tanda-tanda Anda Mengalami Gejala GERD dan Faktor Penyebabnya

GERD adalah suatu penyakit yang terjadi di esofagus yang membuat asam lambung naik ke organ tubuh bagian atau atau kerongkongan.

Editor: Rina Eviana
medineplus
Ilustrasi 

Tribunjogja.com - Banyak orang punya anggapan salah tentang penyakit GERD (Gastroesophageal Reflux Disease). GERD sering dianggap penyakit maag akut.

Padahal penyakit GERD dan mah adalah dua jenis penyakit yang berbeda meski sama-sama berkaitan dengan lambung dan menimbulkan gejala atau tanda yang sama.

GERD adalah suatu penyakit yang terjadi di esofagus yang membuat asam lambung naik ke organ tubuh bagian atas atau atau kerongkongan.

GERD atau Dastroesophageal Reflux Disease adalah kondisi gangguan atau penyakit yang terjadi karena asam lambung naik ke organ tubuh bagian atas atau ke esofagus alias kerongkongan.

GERD atau asam lambung
GERD atau asam lambung (Hallosehat)

Kondisi ini bisa membuat penderita merasakan rasa sakit pada ulu hati bagian atas hingga merasa sesak yang sangat mengganggu.

dr. Suwito Indra dalam program Talkshow di Radio Sonora FM juga menyebutkan beberapa gejala atau tanda penyakit GERD yang banyak atau umumnya dirasakan.

“Sering orang mengeluhkan ada rasa ganjal di tenggorokan, seperti ada lendir tetapi mau dikeluarkan tidak bisa keluar,” ungkap dr. Suwito.

Menjadi salah satu gejala, perasaan seperti ada lendir ini kerap disamakan dengan radang tenggorokan, padahal tanda itu merupakan salah satu gejala GERD.

Perbedaannya adalah, rasa mengganjal tersebut tidak dibarengi dengan sakit pada saat menelan layaknya rasa sakit yang dirasakan pada saat radang tenggorokan.

Baca juga: Perbedaan Penyakit Maag dan GERD yang Wajib Anda Ketahui

1. Panas di dada

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved