Breaking News:

Rincian Besaran Gaji ke-13 Bagi PNS hingga Pensiunan, Bakal Mulai Dicairkan Hari Ini

Pencairan gaji ke-13 bagi PNS tersebut dalam Peraturan Pemerintah No 63 Tahun 2021 dijelaskan, gaji ke-13 akan disalurkan paling cepat awal Juni

Editor: Muhammad Fatoni
dok.istimewa
Ilustrasi: gaji 

TRIBUNJOGJA.COM - Gaji ke-13 untuk aparatur sipil negara (ASN) atau pegawai negeri sipil (PNS) dan pensiunan dikabarkan bakal cair paling cepat mulai Selasa 1 Juni 2021 hari ini.

Pencairan gaji ke-13 bagi PNS tersebut dalam Peraturan Pemerintah No 63 Tahun 2021 dijelaskan, gaji ke-13 akan disalurkan paling cepat pada bulan Juni 2021.

Besaran gaji ke-13 bagi PNS inipun disesuaikan dengan pangkat atau golongan dan PNS yang bersangkutan.

Plt Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kementerian PAN-RB Mohammad Averrouce pun menjelaskan, pencairan gaji ke-13 dilakukan bersamaan dengan pemberian gaji pokok di bulan Juni, yakni pada 1 Juni.

"Bulan Juni. Idealnya diberikan paling cepat bersamaan dengan pemberian gaji pokok bulan Juni, yaitu tanggal 1 Juni," ujarnya kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Baca juga: Gaji ke-13 PNS Cair Mulai Selasa 1 Juni 2021 Besok, Berikut Rincian Besarannya

Baca juga: Penjelasan BKN Terkait Pendaftaran CPNS/PPPK 2021 Belum Dibuka Hari Ini 31 Mei 2021, Ini Alasannya

Di dalam PP No 63 Tahun 2021 pun disebutkan, penerima gaji ke-13 yakni PNS, prajurit TNI, anggota Polri, pejabat negara, penerima pensiun/tunjangan, dan penerima gaji ke-13 yang diatur dalam PP tersebut.

Sama seperti pencairan THR, pencairan gaji ke-13 2021 meliputi gaji pokok dan tunjangan melekat, seperti tunjangan jabatan dan tunjangan keluarga.

Tunjangan kinerja menjadi komponen yang dikeluarkan pada gaji ke-13 kali ini.

Ilustrasi gaji ke-13 PNS
Ilustrasi gaji ke-13 PNS (dok.Tribun Kaltim)

Besaran gaji pokok dan tunjangan sesuai dengan jabatan atau pangkatnya.

Tunjangan jabatan tersebut meliputi tunjangan jabatan struktural, tunjangan jabatan fungsional, dan tunjangan yang dipersamakan dengan tunjangan jabatan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved