Breaking News:

Kelompok Lansia di Indonesia Semakin Banyak, Perlu Konsumsi Kalsium Cukup agar Tetap Sehat

Direktur Kesehatan Kerja dan Olahraga, Kementerian Kesehatan RI, dr Riskiyana Sukandhi Putra MKes mengatakan, Usia Harapan Hidup (UHH) diperkirakan

Istimewa
Webinar pemberdayaan lansia di Indonesia 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Ardhike Indah

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Dalam waktu hampir lima dekade (1971-2019), populasi lansia di Indonesia meningkat hingga dua kali lipat.

Sementara pada tahun 2020, berdasarkan Laporan Statistik Penduduk Lanjut Usia, terdapat 26,82 juta lansia di Indonesia atau 9,92% dari total populasi.

Hal tersebut membuat Indonesia menghadapi transisi menuju kondisi penuaan penduduk. 

Maka dari itu, aspek kesehatan menjadi salah satu faktor penting untuk mewujudkan lansia yang sejahtera. 

Baca juga: Sempat Tersendat karena Tergenang Air, Lalu Lintas Underpass Kentungan Sleman Sudah Normal 

Direktur Kesehatan Kerja dan Olahraga, Kementerian Kesehatan RI, dr Riskiyana Sukandhi Putra MKes mengatakan, Usia Harapan Hidup (UHH) diperkirakan akan terus meningkat, dan menyebabkan jumlah penduduk lanjut usia akan bertambah.

Saat ini, kelompok usia lanjut di Indonesia telah berada di atas 7 persen dari total keseluruhan penduduk.

“Jika angkanya sudah mencapai 10 persen, Indonesia akan berubah menjadi negara dengan struktur penduduk tua atau ageing population,” katanya dalam webinar ‘Rayakan Lansia Sehat, Aktif dan Bahagia’, Jumat (28/5/2021) yang diselenggarakan Anlene dan Perhimpunan Osteoporosis Indonesia (Perosi).

Dia menambahkan kondisi lansia yang sehat, bugar dan produktif ditentukan salah satunya oleh aktifitas fisik yang dilakukan secara Baik, Benar, Terukur dan Teratur (BBTT) sejak usia dini.

Sementara, Ketua Umum Perosi, dr Bagus Putu Putra Suryana SpPD-KR mengatakan orang dengan usia lanjut memiliki risiko berbagai ancaman penyakit tidak menular seperti jantung, stroke, dan lainnya termasuk osteoporosis.

Halaman
12
Penulis: Ardhike Indah
Editor: Kurniatul Hidayah
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved