Breaking News:

Update Corona di Klaten

Tiga RT di Satu Desa di Klaten Jalani Karantina Wilayah, 111 Warga Jalani Tes Swab PCR

Seratusan warga tersebut menjalani tes swab PCR lantaran merupakan kontak erat dari 20 warga di tiga RT tersebut yang terpapar COVID-19.

Shutterstock
Ilustrasi 

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Sebanyak 111 warga yang tersebar di tiga Rukun Tetangga (RT) di Desa Sekarsuli, Kecamatan Klaten Utara, Kabupaten Klaten menjalani tes Swab PCR secara masal, Sabtu (22/5/2021).

Seratusan warga tersebut menjalani tes swab PCR lantaran merupakan kontak erat dari 20 warga di tiga RT tersebut yang terpapar COVID-19.

"Sampai kemarin itu untuk yang swab PCR ada sebanyak 111 warga, kemudian untuk hasilnya kemungkinan (keluar) hari Selasa atau Rabu," ucap Pejabat Sementara (Pjs) Kepala Desa Sekarsuli, Endang Sri Suyanti saat Tribunjogja.com temui di kantornya, Minggu (23/5/2021).

Ia menjelaskan di tiga RT yang warganya menjalani tes swab PCR tersebut saat ini masih diminta mejalani karantina wilayah.

Baca juga: Tambah 26 Terkonfirmasi Baru, Kasus Kumulatif COVID-19 di Klaten Sentuh 8.435 Kasus

Adapun jalur-jalur keluar dan masuk menuju tiga RT tersebut dijaga ketat oleh personel Polsek dan Koramil Klaten Utara.

"Untuk karantina wilayah ini kita lihat situasi besok itu, kalau perkembangan hasil (tes swab PCR warga) negatif, maka akan kita rapatkan lagi," jelasnya.

Menurutnya, 20 warga yang dinyatakan positif COVID-19 di tiga RT itu saat ini berada dalam kondisi sehat dan menjalani isolasi mandiri di sembilan rumah di tiga RT itu.

"Untuk logistik dibantu oleh desa dan sudah kita salurkan sembilan paket kepada warga yang positif," jelasnya.

Kemudian, kata dia, pihaknya juga berkoordinasi dengan PMI Klaten untuk melakukan penyemprotan disinfektan kepada tiga RT yang menjalani karantina wilayah itu.

Baca juga: Pelaksanaan Vaksin COVID-19 di Klaten Fokus ke Tenaga Pendidik

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Klaten, Anggit Budiarto mengatakan, pihaknya saat ini masih melakukan penelusuran asal muasal dari penyebaran COVID-19 kepada 20 warga di tiga RT tersebut.

"Sudah ada 64 tracing yang kita lakukan, mungkin besok akan dilakukan pengambilan sampel lagi. Untuk asalnya masih kita telusuri," jelasnya.

Pantauan Tribunjogja.com di depan gerbang masuk di tiga RT yang menjalani karantina wilayah itu sekitar pukul 14.00, tampak petugas kepolisian masih berjaga ketat.

Jalur masuk dipasang sebuah portal pembatas. Juga terdapat sebuah pengumuman yang menyatakan akses jalan menuju RT tersebut ditutup. ( Tribunjogja.com )

Penulis: Almurfi Syofyan
Editor: Gaya Lufityanti
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved