Breaking News:

Berita Kesehatan

Inilah Gejala-gejala yang Muncul Pertanda Anda Menderita Rematik

rematik mempengaruhi persendian di kedua sisi tubuh, seperti kedua tangan, kedua pergelangan tangan, atau kedua lutut.

Penulis: Mona Kriesdinar
Editor: Mona Kriesdinar
Medical News Today
rheumatoid arthritis atau rematik 

TRIBUNJOGJA.COM - Gangguan rematik pada umumnya mengakibatkan rasa sakit di bagian persendian. Ini terjadi karena rematik memang mempengaruhi persendian di kedua sisi tubuh, seperti kedua tangan, kedua pergelangan tangan, atau kedua lutut.

Simetri ini membantu membedakannya dari jenis artritis lainnya. Itu juga dapat mempengaruhi kulit, mata, paru-paru, jantung, darah, atau saraf.

Ini merupakan kondisi gangguan peradangan kronis akibat gangguan autoimun. Yakni saat sistem kekebalan Anda secara keliru menyerang jaringan tubuh Anda sendiri.

Tidak seperti kerusakan akibat penuaan pada osteoartritis, artritis reumatoid memengaruhi lapisan sendi Anda, menyebabkan pembengkakan yang menyakitkan yang pada akhirnya dapat menyebabkan erosi tulang dan kelainan bentuk sendi.

Peradangan yang terkait dengan rheumatoid arthritis inilah yang dapat merusak bagian tubuh lainnya juga. Sementara jenis obat baru telah meningkatkan pilihan pengobatan secara dramatis, rheumatoid arthritis yang parah masih dapat menyebabkan cacat fisik.

Baca juga: Semua Hal Tentang Asam Urat, Picu Nyeri Sendi Bagai Ditusuk-tusuk Duri

Gejala Rematik

Rematik atau dalam bahasa medisnya disebut rheumatoid arthritis (RA) terjadi ketika pertahanan tubuh Anda - sistem kekebalan Anda - menargetkan lapisan sendi Anda.

Tanda dan gejala rheumatoid arthritis mungkin termasuk:

  • Sendi lembut, hangat, dan bengkak
  • Kekakuan sendi yang biasanya memburuk di pagi hari dan setelah tidak aktif
  • Kelelahan, demam, dan kehilangan nafsu makan

Artritis reumatoid dini cenderung mempengaruhi persendian kecil Anda terlebih dahulu - terutama persendian yang menempelkan jari ke tangan dan jari kaki ke kaki.

Seiring perkembangan penyakit, gejala sering menyebar ke pergelangan tangan, lutut, pergelangan kaki, siku, pinggul dan bahu.

Dalam kebanyakan kasus, gejala muncul pada persendian yang sama di kedua sisi tubuh Anda.

Baca juga: Krekkk! Apakah Membunyikan Persendian Tulang Bisa Membahayakan?

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved