Breaking News:

Roket Hamas Terobos Perisai Udara Israel, Inikah Kelemahan Sistem Pertahanan Udara Iron Dome?

Iron Dome memang disebut-sebut sebagai sistem pertahanan canggih dalam melindungi Israel dari serangan udara.

insider
Sistem Pertahanan Udara Israel Iron Dome 

TRIBUNJOGJA.COM - Pipa utama milik perusahaan energi Israel terkena serangan roket yang dilesatkan Hamas dari wilayah Gaza pada Selasa (11/5/2021) malam kemarin. Hal itu membuktikan bahwa sistem pertahanan udara Israel iron dome ternyata tak 100 persen mampu menangkis serangan roket.

Dalam konflik terburuk dalam tujuh tahun terakhir, Israel telah melancarkan ratusan serangan udara ke Palestina. Sebagai balasannya, Palestina juga menembakkan ratusan roket selama sepekan ini.

Apa yang dimulai sebagai bentrokan sengit selama seminggu di Yerusalem telah meningkat pada Rabu (12/5/2021) menjadi konflik udara.

Adapun perisai udara Iron Dome memang disebut-sebut sebagai sistem pertahanan canggih dalam melindungi Israel dari serangan udara.

Media sosial pun dipenuhi dengan video-video sci-fi dari rudal pencegat bercahaya yang naik ke langit malam untuk menghancurkan roket yang masuk ke wilayah udara Israel.

Baca juga: 40 Orang Tewas! Pertempuran Udara dan Tembakan Roket antara Hamas dan Israel Meningkat

Komentar seperti " Star Wars " dan "invasi alien" memenuhi linimasa menggambarkan saat sistem pertahanan Iron Dome aktif.

Cara Kerja Iron Dome

Iron Dome sendiri dibuat oleh Rafael Advanced Defense Systems. Alat ini berhasil melakukan intersepsi pertamanya sepuluh tahun lalu.

Perusahaan mengklaim telah mencegat lebih dari 2.500 ancaman dengan tingkat keberhasilan lebih dari 90%.

Baca juga: Israel-Palestina Saling Berbalas Serangan Roket, Ketegangan di Jalur Gaza Kembali Meningkat

Iron Dome terdiri dari serangkaian radar pendeteksi dan pelacakan, Manajemen Pertempuran berawak dan Pusat Kontrol Senjata dan unit penembakan rudal tak berawak.

Halaman
1234
Penulis: Mona Kriesdinar
Editor: Mona Kriesdinar
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved