Breaking News:

BREAKING NEWS: Puluhan Kasus Covid-19 Merebak di Wirobrajan, Diduga Buka Bersama dan Saling Pijat

Sampai dengan Senin (10/5/2021), diketahui ada 10 orang yang dinyatakan positif Covid-19 berdasar hasil PCR test dan 20 orang positif menurut hasil

who.int
Berita Update Corona di Daerah Istimewa Yogyakarta 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Sebaran virus corona cukup masif kembali terjadi di Kota Yogyakarta, tepatnya di Kelurahan Wirobrajan.

Sampai dengan Senin (10/5/2021), diketahui ada 10 orang yang dinyatakan positif Covid-19 berdasar hasil PCR test dan 20 orang positif menurut hasil test antigen.

Ketua Harian Satgas Penanganan Covid-19 Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi mengatakan, sejauh ini proses tracing masih dilanjutkan, sekaligus untuk mencari tahu awal mula kasus merebak.

Ia mengakui, ada beberapa hal yang diduga jadi pemicu Covid-19 menyebar begitu cepat.

Baca juga: Lagi, Warga Palestina dan Polisi Israel Terlibat Bentrok, Milisi Jalur Gaza Tembakan Roket

"Ya, sempat ada acara buka bersama di keluarga besar itu. Bahkan, ada juga yang sempat pijat, atau kerokan satu sama lain, karena mereka itu satu trah. Kemudian, pemukimannya pun padat," ungkapnya, Senin (10/5/2021).

"Penghuninya sebagian besar keluarga besar atau trah. Jarak antar rumah juga sangat dekat. Jadi, bisa dibayangkan, ya, di kawasan itu, sangat rawan terjadi sebaran kasus, seperti yang terjadi sekarang ini," imbuh Heroe.

Per hari ini, sedikitnya 50 warga di kawasan RT 56 RW 12 itu menjalani rapid test antigen secara massal, namun baru 39 saja yang hadir.

Menurutnya, seorang lansia yang memiliki riwayat komorbid tercatat sebagai kasus pertama yang dijumpai, sebelum akhirnya merebak.

"Si ibu sakit sejak 13 April, seperti flu, pilek dan lain-lain. Tapi, ibu ini memang sakit-sakitan dan ada komorbid. Terus, beberapa hari kemudian dibawa ke RS dinyatakan Covid-19 dan meninggal 28 April lalu," cetusnya.

Kemudian, tetangga yang juga saudara dari ibu itu, muncul keluarga yang terinfeksi virus corona.

Halaman
12
Penulis: Azka Ramadhan
Editor: Kurniatul Hidayah
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved