Breaking News:

Tempat Wisata Zona Merah dan Oranye di DI Yogyakarta Dilarang Buka Selama Libur Lebaran 2021

"Kalau ada satu kawasan wisata di zona RT RW merah maka kita kan melakukan penutupan karena RT RW merah sebenarnya kan memang ditutup. Masyarakat

TRIBUNJOGJA/ Yuwantoro Winduajie
Sekda DIY Kadarmanta Baskara Aji 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Kapolri menginstruksikan agar tempat-tempat wisata yang berada di zona merah dan oranye untuk tutup selama periode libur Lebaran 2021.

Langkah itu ditempuh dalam rangka menekan laju penularan Covid-19.

Merespons hal itu, Sekretaris Daerah (DIY), Kadarmanta Baskara Aji menuturkan, meski instruksi tersebut ditujukan kepada pada Kapolda, Pemda DIY akan tetap menerapkan aturan serupa level daerah.

Baca juga: Warga Gunungkidul Terpantau Mulai Ramai Berbelanja Kebutuhan Lebaran di Pasar Tradisional

Menurut Aji, aturan yang dicetuskan oleh Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo tersebut tak berbeda jauh dengan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mikro.

Di mana RT-RT dengan zona merah dan oranye tak diperkenankan untuk melakukan kegiatan yang dapat menimbulkan kerumunan termasuk aktivitas wisata. 

"Kalau ada satu kawasan wisata di zona RT RW merah maka kita kan melakukan penutupan karena RT RW merah sebenarnya kan memang ditutup. Masyarakat tidak boleh beraktivitas seperti (wilayah) yang lain," terang Aji saat ditemui di kantornya, Selasa (4/5/2021).

Baca juga: Disdukcapil Kulon Progo Permudah Transgender Mengurus Dokumen Kependudukan

Namun, Aji belum mengidentifikasi berapa jumlah destinasi wisata di DIY yang berada di zona merah maupun oranye. 

"Misalnya ada destinasi di zona merah maka akan ditutup supaya tidak menulari pengunjung. Tapi kita belum identifikasi, kemarin datanya hanya jumlah rincian zonanya berapa," jelasnya. (tro)

Penulis: Yuwantoro Winduajie
Editor: Kurniatul Hidayah
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved