Breaking News:

Disdukcapil Kulon Progo Permudah Transgender Mengurus Dokumen Kependudukan

Dinas Kependudukan dan Pelayanan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kulon Progo akan membantu kalangan transgender di wilayahnya dalam mengurus

TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
Berita Kulonprogo 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Sri Cahyani Putri Purwaningsih

TRIBUNJOGJA.COM, KULON PROGO - Dinas Kependudukan dan Pelayanan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kulon Progo akan membantu kalangan transgender di wilayahnya dalam mengurus dokumen kependudukan berupa KTP Elektronik (e-KTP), kartu keluarga dan akta kelahiran. 

Hal ini sesuai yang disampaikan Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri. 

Kepala Disdukcapil Kabupaten Kulon Progo, Aspiyah mengatakan syarat bagi transgender yang ingin mengurus dokumen kependudukan berupa salinan penetapan pengadilan negeri tentang perubahan jenis kelamin, kutipan akta kelahiran, KK dan e-KTP. 

Baca juga: Daftar Lokasi 4 Exit Tol dan 2 Rest Area Jalan Tol Yogyakarta-Solo di Wilayah Klaten

"Sehingga jika ada transgender setelah melalui putusan pengadilan negeri yang semula berjenis kelamin laki-laki kemudian menjadi perempuan atau sebaliknya maka membawa persyaratan itu apabila ingin mengurus dokumen kependudukan," katanya, Selasa (4/5/2021). 

Pencatatan perubahan jenis kelamin nantinya ditandai dengan catatan pinggir pada register akta kelahiran maupun kutipan akta kelahiran. 

"Dengan demikian, Disdukcapil tidak mengganti akta kelahiran secara keseluruhan. Sehingga dengan catatan pinggir itu untuk mengetahui asal usulnya yang bersangkutan sebelumnya," ucap Aspiyah. 

Ia melanjutkan, jika yang bersangkutan belum punya KTP, maka harus melakukan perekaman dulu dan setelah proses sistem terverifikasi maka KTP bisa dicetak. 

Serta jika yang bersangkutan punya akta kelahiran dan masuk KK orangtuanya serta memiliki KTP lama maka setelah ada putusan pengadilan setelah yang bersangkutan ganti kelamin maka akan dilayani untuk pembuatan dokumen kependudukan yang baru sesuai dengan kondisi terakhir jenis kelaminnya. 

Bahkan pada 30 Maret 2021 lalu, Disdukcapil Kulon Progo telah melayani seorang warga di wilayah Bojong, Panjatan untuk mengurus dokumen perubahan jenis kelamin. 

Warga tersebut didiagnosa mengalami Harry Benjamin Syndrome yang terlahir perempuan namun dalam pertumbuhannya menjadi laki-laki. 

Ditanya apakah Disdukcapil Kulon Progo akan melakukan pendataan bagi transgender yang ingin mengurus dokumen kependudukan, pihaknya mengatakan belum ada kewajiban khusus untuk mendata. 

Baca juga: Wanita yang sedang Haid di 10 Hari Terakhir Bulan Ramadhan Tetap Bisa Mengerjakan Amalan Ini

Namun apabila ada transgender ingin memohon pelayanan tentu akan dilayani tanpa ada diskriminasi sesuai dengan aturan undang-undang bahwa semua warga berhak untuk mendapatkan pelayanan yang sama termasuk dalam pelayanan dokumen kependudukan. 

Disdukcapil bekerjasama dengan Pengadilan Negeri yang melakukan persidangan atas perubahan nama dan jenis kelamin. 

"Nanti kami minta datanya. Prinsip Disdukcapil sangat siap untuk melayani semua warga termasuk kalangan transgender tapi semua syarat harus terpenuhi," ungkapnya. (scp) 

Penulis: Sri Cahyani Putri
Editor: Kurniatul Hidayah
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved