Breaking News:

Pemda DIY Berencana Gelar Skrining Covid-19 untuk Siswa yang Mengikuti Sekolah Tatap Muka

Pemda DIY berencana untuk melaksanakan skrining Covid-19 kepada siswa yang mengikuti uji coba pembelajaran tatap muka (PTM) di sembilan SMA/SMK di DI

dok.istimewa
ilustrasi berita pendidikan 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Pemda DIY berencana untuk melaksanakan skrining Covid-19 kepada siswa yang mengikuti uji coba pembelajaran tatap muka (PTM) di sembilan SMA/SMK di DI Yogyakarta.

"Minggu ini dilakukan cek dan tes menggunakan GeNose atau antigen, kita akan lihat tapi ini masih proses nanti kerjasama dengan Dinkes DIY, IDI, dan IDIAI," terang Sekretaris Daerah (Sekda) DIY, Kadarmanta Baskara Aji, Selasa (4/5/2021).

Langkah tersebut dilakukan untuk mendeteksi penularan Covid-19 di lingkungan sekolah. Adapun hasilnya akan dijadikan bahan pertimbangan terkait penerapan PTM di masa mendatang

Baca juga: Tanda Tanya Sosok R, Orang yang Disebut NA sebagai Pemberi Saran Mengirimkan Paket Sate Maut

"Dari hasil itu akan jadi bahan untuk memperpanjang atau menghentikan atau mempertimbangkan (perluasan PTM) untuk sekolah lain," jelasnya.

Menurut Aji, metode untuk memperoleh sampel dilakukan melalui tes acak. Sehingga tak seluruh siswa akan menjalani pemeriksaan untuk mendeteksi virus korona.

"Kalau memungkinkan dilakukan semua lebih baik, tapi model sampel juga tidak ada masalah. Kalau kita sampel ditemui penularan kemudian kita tes semua. Kita serahkan saja ke dinas untuk melakukan itu," tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) DIY, Didik Wardaya belum bisa memastikan kapan tes skrining tersebut dilakukan. Pasalnya, hingga saat ini masih dalam tahap perancanaan.

Pihaknya pun telah berkoordinasi dengan Dinkes DIY, IDI DIY, maupun IDIAI. 

"Kita hanya akan ambil sampel saja tidak semua siswa, apakah kondisi siswa guru itu apakah ada yang positif, sementara baru kami komunikasikan dengan Dinkes," jelasnya.

"Baru rencana tapi semoga dalam waktu dekat bisa dilakukan, lagipula sebentar lagi juga libur Lebaran," tambahnya.

Halaman
12
Penulis: Yuwantoro Winduajie
Editor: Kurniatul Hidayah
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved