Breaking News:

Mau Piknik Saat Masa Larangan Mudik Lebaran 2021? Ini Aturan yang Wajib Diketahui

Mau Piknik Saat Masa Larangan Mudik Lebaran 2021? Ini Aturan yang Wajib Diketahui

Editor: Hari Susmayanti
ilustrasi 

TRIBUNJOGJA.COM, JAKARTA - Pemerintah mengizinkan kegiatan wisata selama masa larangan mudik Lebaran 2021.

Namun demikian, kegiatan wisata selama masa larangan mudik Lebaran 2021 ini harus dilaksanakan sesuai dengan aturan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah.

Terus bagaimana aturan berwisata selama masa larangan mudik Lebaran 2021?

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan, tidak dilarangnya kegiatan wisata selama masa larangan mudik Lebaran bertujuan untuk menggerakkan perekonomian negara.

"Harus dipastikan bahwa tujuan utama kita adalah untuk menekan penyebaran dan penularan Covid-19, bukan untuk membuat aktivitas ekonomi terutama sektor pariwisata juga ikut berimbas secara drastis," kata Muhadjir dalam keterangan tertulis, Jumat (2/4/2021).

Berikut aturan berwisata selama masa larangan mudik Lebaran 2021 yang sudah ditetapkan oleh pemerintah :

1. Wilayah domisili dan aglomerasi

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menyebut, selama 6-17 Mei 2021 masyarakat hanya boleh berwisata di kabupaten/kota asal domisili, atau dalam satu kawasan aglomerasi.

"Kegiatan tersebut hanya bisa dilakukan di kabupaten/kota asal domisili, atau dalam satu kawasan aglomerasinya masing-masing," kata Wiku dalam konferensi pers yang ditayangkan YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (29/4/2021).

Wiku memastikan bahwa perjalanan lintas batas daerah selama larangan mudik Lebaran tak dibolehkan, kecuali bagi kendaraan pelayanan distribusi logistik, atau yang memiliki keperluan mendesak untuk kepentingan non-mudik.

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved