Breaking News:

Kabupaten Bantul

Capaian Vaksinasi Bantul Baru 5 Persen, Dinkes Masih Prioritaskan Lansia

Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul menyebut baru sekitar lima persen warga di wilayahnya  yang menerima vaksinasi COVID-19.

Istimewa
Tangkapan Layar: Presiden Joko Widodo menyaksikan langsung vaksinasi seniman dan budayawan di Yogyakarta, Rabu (10/3/2021) 

TRIBUNJOGJA.COM, BANTUL - Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul menyebut baru sekitar lima persen warga di wilayahnya  yang menerima vaksinasi COVID-19.

Capaian tersebut masih jauh dari target penerima vaksinasi Bantul.

Kasi Surveilans dan Imunisasi Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul, Abednego Dani Nugroho mengatakan hingga saat ini pihaknya baru menerima 93.960 dosis.

Dosis tersebut digunakan untuk 46.980 sasaran. 

Untuk mencapai herd immunity, paling tidak 70 persen warga Bantul tervaksinasi. Artinya sekitar 700.000 warga Bumi Projotamansari yang seharusnya menerima vaksin COVID-19.

"Kalau dipersentasekan baru sekitar lima persen. Untuk mencapai herd immunity kan paling tidak 70 persen warga yang sudah vaksin. Jadi capaian kita masih jauh sekali dari target sasaran,"katanya, Jumat (30/04/2021).

Ia menyebut adanya tsunami COVID-19 di India dapat memengaruhi vaksinasi di Bantul.

Pasalnya pasokan yang seharusnya dikirimkan ke Indonesia akan dialihkan ke India. Ada sekitar 15 juta vaksin yang kemungkinan dialihkan ke India. 

Baca juga: Pemkab Sleman Berencana Mulai Vaksinasi Pedagang, dari Pasar Gentan dan Sambilegi

Baca juga: Jokowi Minta Daerah Percepat Vaksinasi Covid-19, 2.460 Dosis Tersimpan di Gudang Farmasi Dinkes DIY

Saat ini, Dinkes Bantul masih memiliki 1.950 dosis vaksin. Sebagian vaksin tersebut sudah didistribusikan ke puskemas untuk vaksinasi lansia. 

"Sebanyak 400 dosis sudah kami distribusikan ke puskemas untuk lansia. Sisanya untuk vaksinasi tahap dua calon jemaah haji lansia dan linmas lansia. Nanti sisanya untuk vaksinasi lansia lagi,"ujarnya. 

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul, Agus Budi Raharja menambahkan vaksinasi tetap berjalan meski di bulan puasa. Prioritas vaksinasi saat ini masih lansia, karena rentan terpapar COVID-19.

"Vaksinasi saat ini masih jalan terus, libur nanti pas Idul Fitri sesuai kalender. Setelah itu ya lanjut lagi. Saat ini prioritas vaksinasi masih lansia, karena dianggap rentan. Rentan terpapar COVID-19, dan kalau sudah terpapar COVID-19 bisa berakibat fatal,"tambahnya. (Tribunjogja/Christi Mahatma Wardhani)

Penulis: Christi Mahatma Wardhani
Editor: Hari Susmayanti
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved