Breaking News:

Penjelasan Dokter, Puasa Bisa Sembuhkan Maag dan GERD Asalkan Lakukan Ini

Jika dilakukan dengan baik, puasa justru bisa menyembuhkan penyakit yang berkaitan dengan pencernaan seperti maag dan GERD.

medineplus
Ilustrasi 

Tribunjogja.com - Bagi Anda yang punya penyakit yang berkaitan dengan masalah pencernaan seperti asam lambung, maag atau GERD tak perlu khawatir ketika berpuasa.

Jika dilakukan dengan baik, puasa justru bisa menyembuhkan penyakit yang berkaitan dengan pencernaan seperti maag dan GERD.

Karena harus menahan lapar dan haus selama sekitar 12 jam, ibadah puasa ini kerap kali menjadi tantangan yang berat untuk dijalani bagi pasien dengan keluhan dalam saluran pencernaan, seperti maag dan GERD.

ilustrasi
ilustrasi (eatthis.com)

Tak sedikit dari pasien yang kemudian menanyakan keamanan menjalankan ibadah puasa bagi kesehatan mereka.

Menjawab hal tersebut, dr. Santi dari Medical Centre Kompas Gramedia dalam program Kamusehat di Radio Sonora FM menyebutkan bahwa puasa justru bisa menyembuhkan berbagai penyakit, termasuk penyakit saluran pencernaan tersebut.

“Sebenarnya berbahaya kalau dijalankan dengan cara yang salah. Jadi kalau dijalankan dengan cara yang benar, dan penyakitnya belum parah-parah banget, itu sebenarnya masih aman, tidak berbahaya,” ungkap dr. Santi.

Baca juga: Ini Daftar Minuman untuk Gantikan Cairan Tubuh dengan Cepat Saat Berbuka Puasa

Meski masih diperbolehkan dan dianggap aman untuk menjalankan ibadah puasa, dr. Santi meminta agar pasien maag dan GERD mengetahui cara yang baik dalam berpuasa.

“Kita harus tahu bagaimana caranya berpuasa bagi penderita GERD atau sakit maag, supaya enggak penyakitnya lebih parah, tapi malah membawa kesembuhan. Bisa saja, beberapa orang malah sembuh benar,” sambungnya.

Mengapa demikian? Mengingat ‘telat makan’ adalah musuh terbesar dari pasien maag dan GERD.

Ilustrasi
Ilustrasi (Shutterstock)

Dokter Santi menyatakan bahwa pada saat berpuasa, saluran pencernaan akan beristirahat sehingga penyembuhan atau pemulihan ‘luka’ akan terjadi lebih cepat.

Baca juga: Jenis-jenis Sayuran yang Sebaiknya Dihindari Saat Sahur, Bisa Memicu Perut Kembung

“Ketika puasa kan saluran pencernaan istirahat, jadi diberi kesempatan untuk memperbaiki diri. Jadi luka-luka di dalam dinding usus, dinding lambung itu diperbaiki, karena dia tidak bekerja,” jelas dr. Santi menegaskan.

Pada proses ini, luka atau sariawan di dalam saluran pencernaan justru akan disembuhkan sehingga kemungkinan untuk sembuh akan meningkat pada saat berpuasa dilakukan dengan tepat.(Sonora.id)

Editor: Rina Eviana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved