Breaking News:

Jembatan Baru di Utara Gembira Loka Zoo Kota Yogyakarta Dioperasikan Mulai Senin 26 April 2021

Setelah sekian lama terkendala dan tak kunjung difungsikan, akhirnya jembatan anyar di sisi utara Gembira Loka (GL) Zoo, Kota Yogyakarta siap dioperas

TRIBUNJOGJA/ Azka Ramadhan
Kondisi Jembatan baru di utara GL Zoo pada Jumat (23/4/2021) siang. Rencananya, infrastruktur anyar ini bakal dioperasikan mulai Senin (26/4/2021) pagi. 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Setelah sekian lama terkendala dan tak kunjung difungsikan, akhirnya jembatan anyar di sisi utara Gembira Loka (GL) Zoo, Kota Yogyakarta siap dioperasikan mulai Senin (26/4/2021) pagi mendatang.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Yogyakarta, Agus Arif Nugroho mengatakan, karena masih dalam tahap awal, maka pihaknya bakal menempuh uji coba terlebih dahulu, serta diikuti beberapa rekayasa lalu lintas.

"Kita sudah ada kesepakatan dengan Polresta (Yogyakarta), uji coba akan dilaksanakan mulai Senin besok, pukul 09.00 WIB," terang Kadishub, Jumat (23/4/2021).

Baca juga: Pemkab Bantul Raih Opini WTP dari BPK untuk Kali Kesembilan

Ia menjelaskan, nantinya, kendaraan yang melaju dari arah timur ke barat akan melintasi jembatan baru yang berada di sisi selatan. Sementara pengendara dari arah barat ke timur tetap melewati jembatan lama di utara.

Dampak dari rekayasa lalu lintas itu, pengendara dari Jalan Kebun Raya pun otomatis tidak diperkenankan lagi belok ke kanan, atau timur. Sehingga, pengendara wajib belok kiri, atau melintas melewati jembatan anyar.

Setali tiga uang, pengendara di Jalan Kusumanegarq yang meluncur dari arah barat ke timur pun dilarang belok kanan, atau ke selatan menuju Jalan Kebun Raya. Pengendara wajib lurus ke timur, ke arah Gedongkuning.

Agus menegaskan, aspek keselamatan pengendara sangat dikedepankan dalam skema operasional jembatan baru ini. Menurutnya, sebagai konsekuensi dari hal tersebut, maka arus lalu lintas pun bakal terpengaruh.

"Kalau nanti sudah beroperasi, sisi timur jembatan sudah tidak bisa untuk crossing kendaraan. Itu membahayakan ya, sehingga harua kita halau," ungkapnya

Kadishub pun berharap, beban dan volume kendaraan bisa berkurang seiring dioperasikannya jembatan anyar senilai Rp5 miliar tersebut. Karena lebih terdistribusi, maka usia teknis jembatan bakal lebih panjang.

"Ya, jembatan baru itu kan dibangun, salah satunya sebagai komplementer jembatan lama," ujarnya.

Baca juga: Pemkot Magelang Buka Seleksi Calon Direktur dan Dewan Pengawas Perumda Air Minum

Sekadar informasi, proyek ini sejatinya sudah direncanakan sejak 2017 silam, karena secara konstruksi, jembatan yang lama telah keropos dan tidak aman dilalui. Pembangunan lantas terselesaikan November 2020.

Arus lalu lintas di utara kebun binatang terbesar di Yogya itu diharapkan bisa makin lancar seiring operasional jembatan baru, karena kendaraan dari arah timur dan barat akan melintas di ruas yang berbeda. (aka)

Penulis: Azka Ramadhan
Editor: Kurniatul Hidayah
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved