Breaking News:

Mahasiswa UGM Lebih Minati Metode Kuliah Blended Learning

Hasil riset tersebut baru saja dirilis oleh Pusat Inovasi dan Kajian Akademik (PIKA) Universitas Gadjah Mada (UGM), yang melakukan survei terkait

dok.istimewa
ilustrasi berita pendidikan 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Maruti Asmaul Husna

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Sudah setahun lebih para mahasiswa di DIY menerapkan pembelajaran campuran atau blended learning selama pandemi.

Penelitian membuktikan, metode pembelajaran tersebut rupanya lebih diminati mahasiswa ketimbang perkuliahan secara tatap muka seperti biasa.

Hasil riset tersebut baru saja dirilis oleh Pusat Inovasi dan Kajian Akademik (PIKA) Universitas Gadjah Mada (UGM), yang melakukan survei terkait kondisi kegiatan belajar mengajar (KBM) selama pandemi Covid-19.

Baca juga: ACE Hardware Yogyakarta Kembali Serahkan Bantuan APD untuk Penanggulangan COVID-19

Baca juga: Pasar Sore Ramadhan Kerap Timbulkan Kerumunan, Sekda DIY: Penyelenggara Harus Tanggung Jawab

Survei tersebut bertujuan mengetahui proses dan hambatan dalam pelaksanaan KBM daring dari perspektif mahasiswa. 

Berdasarkan hasil survei, mayoritas responden atau sebanyak 54,2 persen ternyata menginginkan KBM yang dilakukan secara blended, yakni campuran antara daring dan luring.

KBM secara blended ternyata dirasa paling nyaman untuk mendukung pencapaian kompetensi dan keterampilan dibandingkan dua opsi lainnya, yakni daring saja atau luring saja.

Dari sisa responden lainnya, pilihan KBM secara daring ternyata juga lebih dominan dibandingkan KBM luring. Responden yang memilih KBM secara daring mencapai sebanyak 34,2 persen, sedangkan yang memilih KBM secara luring hanya 11.6 persen saja.

Survei PIKA ini tersebar kepada 10.800 mahasiswa di semua fakultas dan sekolah vokasi di UGM.

Responden paling banyak berasal dari Fakultas Teknik dan Vokasi dengan masing-masing jumlahnya 1.535 (14 persen) dan 1.248 (11 persen).

Halaman
123
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved