Breaking News:

Indonesia Raya Bergema dari Yogyakarta

Rasa cinta Tanah Air dan sikap bela negara penting terus digelorakan sebagai upaya menjaga keutuhan NKRI berlandaskan Pancasila.

Istimewa
Sri Sultan HB X, GKR Hemas dan Forum Rakyat Yogya untuk Indonesia 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Rasa cinta Tanah Air dan sikap bela negara penting terus digelorakan sebagai upaya menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berlandaskan Pancasila.

Oleh sebab itu diperlukan kampanye kesadaran berkelanjutan agar api semangat nasionalisme terus berkobar dalam dada tiap warga negara.

Salah satu perwujudannya adalah mendorong gerakan Indonesia Raya Bergema. Yakni mengumandangkan lagu kebangsaan Indonesia Raya secara kontinyu setiap hari di ruang-ruang publik.

Hal itu tercetus dalam acara buka puasa bersama Sri Sultan Hamengku Buwono X dan Gusti Kanjeng Ratu Hemas dengan sejumlah aktivis kebangsaan lintas kalangan yang tergabung dalam Forum Rakyat Yogya untuk Indonesia (FORYOU INDONESIA) Jumat (16/4/2021)di Kraton Kilen Yogyakarta.

Ketua FOR YOU INDONESIA Subkhi Ridho mengungkapkan konsep gerakan Indonesia Raya Bergema itu sederhana, namun mengandung makna sangat fundamental. Yakni mengumandangkan lagu kebangsaan Indonesia Raya secara kontinyu setiap hari di perkantoran pemerintah, perkantoran swasta, sekolah, pasar, pusat perbelanjaan dan tempat-tempat lain yang memungkinkan pada jam telah ditentukan.

Saat diperdengarkan publik diminta menghentikan sejenak aktivitasnya untuk berdiri tegak dalam sikap sempurna.

"Indonesia Raya Bergema adalah gerakan nyata, simpel, mudah, tanpa biaya, dan menjadi edukasi semangat kebangsaan yang masif dan simultan. Aktivitas keseharian masyarakat hanya akan terinterupsi selama dua menit untuk bersikap sempurna saat mendengar lagu kebangsaan kita. Namun meski dua menit niscaya jika dilakukan setiap hari akan memperkokoh sikap cinta tanah air," tegas Subkhi Ridho.

Menurut aktivis muda Muhammadiyah ini gerakan Indonesia Raya Bergema memiliki dua tujuan substansial.

Pertama sebagai salah satu bentuk pernyataan rasa kebangsaan sebagaimana amanat Undang-Undang Nomor 24 tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan. Kedua sebagai gerakan untuk memupuk kebersamaan, persatuan rasa cinta tanah air, dan sikap bela negara.

"Gerakan Indonesia Raya Bergema diharapkan menjadi gerakan nasional yang dicetuskan dari Yogyakarta untuk Indonesia. Rencana akan dicanangkan bertepatan dengan momentum Hari Kebangkitan Nasional 20 Mei 2021 mendatang. Kami berharap Ngarso Dalem Sri Sultan Hamengku Buwono X berkenan mencanangannya," demikian ungkap Ridho.

Halaman
12
Editor: ribut raharjo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved