Breaking News:

Penyakit Diabetes

Apakah Puasa Bisa Menyembuhkan Penyakit Diabetes? Begini Jawaban Dokter

Banyak teori yang beredar dalam masyarakat bahwa berpuasa bisa menyebuhkan Diabetes, apakah hal ini benar?

Thinkstock
Ilustrasi 

Tribunjogja.com - Penyakit Diabetes sering disebut sebagai ibu dari segala jenis penyakit lantaran Diabetes bisa mengakibatkan berbagai penyakit kronis jika tak dikendalikan dengan baik.

Maka penyakit Diabetes sering disebut sebagai pembunuh senyap alias 'silent killer'.

Diabetes terjadi ketika  kondisi ketika kadar gula darah terlampau tinggi, sehingga penderita Diabetes membutuhkan perubahan gaya hidup hingga bantuan obat untuk menurunkan kadar gula di dalam darah tersebut.

Ilustrasi
Ilustrasi (dok.istimewa)

Banyak teori yang beredar dalam masyarakat bahwa berpuasa bisa menyebuhkan Diabetes, apakah hal ini benar?

Dokter Santi dari Medical Centre Kompas Gramedia memaparkan bahwa sayangnya teori tersebut tidak benar.

Baca juga: Inilah Tanda-tanda Pasien Diabetes Harus Segera Membatalkan Puasanya

“Sayangnya salah. Jadi, sampai saat ini Diabetes itu masih tidak bisa diobati tapi bisa dikendalikan. Nah puasa, salah satu bentuk untuk mengendalikan gula darah, mengendalikan Diabetes, tapi jika dijalankan dengan benar,” jelas dr. Santi dalam program Health Corner di Radio Sonora FM.

Salah satu bentuk menjalankan puasa yang tidak baik untuk penderita Diabetes adalah kalap pada saat berbuka puasa.

Hal tersebut justru bisa membuat gula dalam darah melonjak dan menjadi semakin parah, maka penting untuk tetap menjaga pola makan pada saat berpuasa, khususnya untuk pasien Diabetes.

Ilustrasi
Ilustrasi (Shutterstock)

“Bukannya makin terkontrol, malah makin buruk. Jadi tergantung bagaimana kita menjalankannya,” tegas dr. Santi.

Ketika puasa dijalankan dengan baik, tetap memperhatikan pola makan dan meminum obat dengan waktu serta dosis yang sesuai, maka puasa bisa menjadi salah satu bentuk pengendalian dari gula darah.

“Puasa bisa berfungsi bisa membawa nuansa positif bagi diabetes, tapi bisa juga sebaliknya, menjadi senjata makan tuan kalau dilakukan dengan cara yang salah,” sambung dr. Santi.

Baca juga: 5 Hal yang Harus Dilakukan Penderita Diabetes Agar Tetap Aman Berpuasa di Bulan Ramadan

Bahkan, ketika puasa dilakukan dengan benar, bukan hanya gula darah yang terkontrol, namun berat badan juga bisa ikut turun mendekati berat ideal bagi mereka yang kelebihan berat badan.

Selain itu, puasa juga bisa menurunkan kolesterol jahat, meningkatkan kolesterol baik, menurunkan trigliserida, memperbaiki tekanan darah, dan berbagai dampak positif lainnya.

“Saat puasa juga secara kejiwaan lebih sabar, stresnya menjauh. Kalau pasien Diabetes berkurang stresnya, itu secara keseluruhan akan meningkat tingkat status kesehatannya,” jelas dr. Santi.(Sonora.id)

Editor: Rina Eviana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved