Breaking News:

Berita Kesehatan

4 Cara Ampuh Mengatasi Asam Lambung Saat Berpuasa

Asam lambung yang disebabkan oleh perubahan keseimbangan kadar asam di perut seringkali dapat mengganggu kondisi pencernaan seseorang

Penulis: Tribun Jogja | Editor: Mona Kriesdinar
Pro Women Healthcare Center
Ilustrasi asam lambung 

TRIBUNJOGJA.COM - Di bulan puasa seperti ini, semua umat Muslim diajarkan untuk menunaikan ibadah puasanya. Selama sehari perut tidak diisi oleh makanan oleh minuman sekalipun. Bicara tentang penderita asam lambung, biasanya ini menjadi tantangan tersendiri bagi mereka yang menjalankan puasa.

Asam lambung yang disebabkan oleh perubahan keseimbangan kadar asam di perut seringkali dapat mengganggu kondisi pencernaan seseorang terutama saat menjalani puasa. Kondisi perut yang kosong dan tidak ada asupan yang dicerna dapat membuat asam lambung naik.

Bagi Anda yang memiliki sakit asam lambung, berikut ini ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meredakannya, dilansir dari Kontan.co.id :

1. Makan dalam Porsi Kecil, Sering dan Kunyah Perlahan

Bagi Anda yang sering mengalami maag atau gangguan lambung, ada baiknya untuk tidak langsung makan besar saat berbuka. Makanlah terlebih dahulu jajan-jajanan ataupun takjil sehat serta kurma. Kunyah secara perlahan agar dapat diserap dengan baik oleh tubuh.

Bila Anda sudah cukup, barulah makan makanan yang berat namun tidak berlebihan. Terlalu berlebihan saat makan justru akan memicu bangkitnya kembali asam lambung dari perut ke kerongkongan. Inilah langkah pertama yang bisa diikuti saat keadaan asam lambung.

Baca juga: Begini 5 Cara Meredakan Asam Lambung yang Naik Saat Puasa

2. Hindari Makanan Pedas, Berlemak, Asam Hingga yang Berkafein

Cobalah untuk menghindari makanan-makanan pedas dan berlemak saat sahur maupun berbuka. Kopi, teh hingga coklat biasanya mengandung kafein dan ini adalah pantangan bagi penderita asam lambung. Dengan meghindari jenis makanan dan minuman ini, asam lambung akan lebih mudah untuk dikontrol.

3. Atur Waktu Makan

Kebiasan buruk tidur sesudah makan adalah kesalahan fatal yang justru bisa mengakibatkan naiknya asam lambung Anda. Cobalah biasakan untuk mengatur jadwal makan Anda agar tidak berdekatan dengan jadwal Anda ketika ingin tidur. Usahakan waktu Anda tidur berjarak 2-3 jam sesudah makan.

Jadi, ada baiknya sesusah makan untuk duduk sejenak agar perut dapat mencerna makanan dengan baik. Selain itu, posisi duduk ataupun berdiri setelah makan dapat membuat gravitasi membantu asam lambung tetap berada diperut.

Baca juga: Hati-hati Asam Lambung Naik Jika Langsung Tidur Setelah Sahur

4. Tidurlah Dengan Posisi Badan yang Bagian Atas Lebih Tinggi

Ketahuilah bahwa tubuh bagian atas Anda hingga kepala harus berada pada posisi yang lebih tinggi dibanding posisi kaki. Gunakan bantal atau penyangga kira-kira 6-8 inchi untuk menopang tubuh Anda. Cara ini biasanya ampuh digunakan saat Anda akan beranjak tidur.

Itu dia cara-cara yang sangat penting untuk diperhatikan agar Anda tetap nyaman berpuasa tanpa takut mengalami gangguan pencernaan. Sebaik mungkin jaga pola makan dan tidur Anda ya. Selamat berpuasa. (MG – Nindarty Yusinta Pinis)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved