Breaking News:

Ramadan 1442 Hijriah

Manfaat Tak Terduga Jika Berbuka Puasa dengan Kurma untuk Kesehatan

Tak hanya rasanya yang manis, ternyata banyak manfaat tak terduga ketika buka puasa dengan kurma.

hrdyemen.org
Ilustrasi buka puasa 

Tribunjogja.com - Kurma sering dijadikan menu buka puasa bagi umat muslim yang menjalankan ibadah puasa.

Tak hanya rasanya yang manis, ternyata banyak manfaat tak terduga ketika buka puasa dengan kurma.  

Manfaat kurma untuk kesehatan ternyata sangat banyak, termasuk salah satunya daat mengembalikan energi tubuh dengan cepat karena kandungan gula alaminya. 

Ilustrasi buah kurma.
Ilustrasi buah kurma. (https://pixabay.com/OrnaW)

"Tuntutan sunah berbuka puasa dengan kurma adalah cara yang paling sehat dan paling cepat juga dalam memulihkan tubuh kita dan menghasilkan energi." 

Demikian diungkapkan oleh Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI), Dr (Cand) dr Inggrid Tania MSi, dalam webinar di kanal YouTube PDPOTJI Online yang dikutip Kompas.com. 

Tania menyebutkan, beberapa kandungan gizi yang terkandung dalam sebutir kurma, antara lain protein, kalsium, fosfor, zat besi, kalium, dan vitamin A. 

Baca juga: Jenis Makanan dan Minuman yang Sebaiknya Anda Hindari Saat Berbuka Puasa

Selain itu, kurma juga tinggi akan serat pangan larut yang bisa memperlancar proses pencernaan serta bersifat antimikroba sehingga dapat melindungi lambung dan usus, misalnya dari parasit yang terbawa dalam makanan yang kita makan. 

Oleh karena itu, kurma sebetulnya tak hanya baik untuk dikonsumsi sebagai menu berbuka puasa, tetapi juga baik untuk mengawali sesi makan. 

"Misalnya ketika traveling, makan di restoran atau ke warteg, lebih bagus makan kurma dulu karena baik untuk mengondisikan dan melindungi lambung dan usus kita dan membantu melawan parasit dan bakteri yang mungkin bisa masuk bersama makanan," ucapnya. 

Kurma tidak menyebabkan obesitas

Ilustrasi kurma jenis Medjool.
Ilustrasi kurma jenis Medjool. ((SHUTTERSTOCK/BRENT HOFACKER))

Tania menjelaskan, kurma memang mengandung gizi makro seperti karbohidrat dan protein, tetapi kurma tidak menyebabkan obesitas karena tinggi kandungan serat. 

Sekadar gambaran, menurut Fatsecret, satu butir kurma mengandung sekitar 23 kalori, 0,03 gram lemak, 6,23 gram karbohidrat, dan 0,2 protein. 

Baca juga: CATAT! Ini Tips Sehat Berbuka Puasa agar Terhindar dari Gangguan Pencernaan

Untuk mengawali berbuka puasa, Anda bisa mengonsumsi tiga hingga lima butir kurma.

"Karena merupakan buah, kurma adalah pangan bebas kolesterol, bebas lemak, dan bisa dikatakan bebas sodium, walaupun ada sodium alaminya," ujar Tania. 

Kurma juga bebas gluten sehingga diyakini aman bagi orang-orang yang memiliki sensitivitas gluten. "Kalorinya rendah, tapi cukup memenuhi kalori di saat berbuka puasa dan sebelum makan," ucapnya.(Nabilla Tashandra

Editor: Rina Eviana
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved