Breaking News:

Belum Ada Antivirus Covid-19, Terapi Penyembuhan Gunakan Drug Repurposing, Ini Kata Guru Besar UGM

Guru Besar Fakultas Farmasi UGM, Prof Dr Apt Djoko Wahyono SU, menyampaikan bahwa hingga kini belum ada obat antivirus spesifik yang terbukti efektif

IST/Covesia
Ilustrasi obat 

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Covid-19 telah menjadi pandemi global dan mengakibatkan jutaan orang manusia meninggal dunia.

Berbagai riset dilakukan untuk menemukan obat antivirus Covid-19 oleh ilmuwan dan peneliti di berbagai belahan dunia.

Guru Besar Fakultas Farmasi UGM, Prof Dr Apt Djoko Wahyono SU, menyampaikan bahwa hingga kini belum ada obat antivirus spesifik yang terbukti efektif dan secara resmi direkomendasikan untuk virus Covid-19.

Baca juga: Wiwin Fitriani Mulai Tekuni Bisnis Kuliner, Kreasikan Aneka Olahan Telur

Sebagian besar obat yang digunakan dalam uji klinik Covid-19 merupakan drug repurposing atau memakai obat yang sudah ada untuk indikasi lain sebagai terapi Covid-19.

“Lebih dari 600-an uji klinik di seluruh dunia saat ini dilakukan dengan berbagai obat yang sebagian besar adalah drug repurposing,” jelasnya dalam webinar Purna Tugas “Deteksi Molekuler Virus dan Pengembangan serta Uji Klinik Obat Antivirus Dalam Memutus Penyebaran Covid-19, belum lama ini.

Ia menyampaikan saat ini belum ada obat antivirus Covid-19 baru yang telah mendapat persetujuan dari badan otoritas obat negara, termasuk BPOM Indonesia.

Obat yang digunakan dalam terapi Covid-19 menggunakan obat dengan Emergency Use Authorization (EUA) mempertimbangkan kondisi darurat dan belum ada obat yang tersedia.

Beberapa obat yang telah ada sebelumnya dan digunakan dalam terapi Covid-19 antara lain chloroquine/hydroxychloroquine, lopinavir/ritonavir, ribavirin, oseltamivir, umifenovir, remdesivir, serta favipavir (avigan).

“Keuntungan pemakaian drug repurposing adalah mempercepat penemuan obat karena bisa langsung dilakukan uji klinik fase III karena aspek kemanan sudah diketahui,”urainya.

Uji klinik dikatakan Djoko menjadi tahap penting sebagai pembuktian manfaat pada manusia.

Halaman
12
Editor: Kurniatul Hidayah
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved