Breaking News:

Telah Ikuti Pelatihan CHSE, Tujuh Desa Wisata di Gelang Projo Kulon Progo Siap Terima Wisatawan

Sebanyak tujuh desa wisata di Magelang, Kulon Progo dan Purworejo (Gelang Projo) telah siap menerima kunjungan wisatawan pada masa adaptasi

TRIBUNJOGJA/ Sri Cahyani Putri
Penutupan dan self declare yang digelar oleh BOB di Gerbang Samudera Raksa, Jumat (9/4/2021). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Sri Cahyani Putri Purwaningsih

TRIBUNJOGJA.COM, KULON PROGO - Sebanyak tujuh desa wisata di Magelang, Kulon Progo dan Purworejo (Gelang Projo) telah siap menerima kunjungan wisatawan pada masa adaptasi kebiasaan baru (AKB). 

Dikarenakan telah mengikuti pelatihan dan pendampingan CHSE yang digelar oleh Badan Otorita Borobudur (BOB) sejak 15 Maret - 6 April 2021 lalu. 

Kemudian diakhiri dengan penutupan dan self declare pada masa AKB sumber daya manusia (SDM) parekraf di Gerbang Samudera Raksa pada Jumat (9/4/2021). 

Baca juga: Balita Berusia 2 Tahun Tewas Tersenggol Truk di Tepus Gunungkidul

Ketujuh desa wisata itu diantaranya Desa Pandanrejo, Sedayu dan Benowo di Purworejo, Desa Ngargosari dan Ngargoretno di Magelang, Desa Gerbosari dan Pagerharjo di Kulon Progo

Direktur Industri dan Kelembagaan Kepariwisataan BOB, Bisma Jatmika mengatakan daya tarik wisata harus memiliki Standar Operasional Prosedur (SOP) yang harus diterapkan dengan konsisten dan terus diperbarui. 

Sehingga destinasi wisata pada masa AKB tidak menimbulkan klaster baru. 

Adapun indikator selama pelatihan terkait penerapan protokol kesehatan (prokes), penyusunan SOP dan perbaikan sarana dan prasarana (sarpras) nya. 

Dikarenakan pada tujuh desa wisata itu memiliki karakteristik daya tarik wisatawan yang berbeda-beda. 

"Sehingga mereka membuat SOP-nya masing-masing sesuai kebutuhan. Setelah itu dipraktekkan bersama dengan para mentor," ucapnya usai acara penutupan. 

Halaman
12
Penulis: Sri Cahyani Putri
Editor: Kurniatul Hidayah
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved