Breaking News:

Larangan Mudik Lebaran 2021, Pengurangan Operasional Kereta Api hingga Penyekatan di Ratusan Titik

Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, mengatakan pihaknya akan mempersiapkan sejumlah langkah terkait larangan mudik Lebaran 2021

TRIBUNJOGJA.COM / Miftahul Huda
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memberikan statemen terkait kesiapan KRL Yogyakarta-Solo, Minggu (28/2/2021) 

TRIBUNJOGJA.COM - Menindaklanjuti adanya larangan Mudik Lebaran 2021, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan mengurangi operasional Kereta Api (KA).

Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, mengatakan pihaknya akan mengurangi layanan KA dan hanya akan mengoperasikan kereta luar biasa saja.

"Sementara itu untuk pengendalian transportasi darat, kami akan berkoordinasi dengan Polisi dan Korlantas untuk melakukan penjagaan pada simpul-simpul transportasi," ucap Menhub Budi Karya Sumadi dalam konferensi pers Youtube, Rabu (7/4/2021).

Baca juga: Pemkot Yogya Andalkan Monalisa untuk Menggaet Turis Lokal Selama Masa Pelarangan Mudik

Baca juga: Antisipasi Pemudik, Pemda DI Yogyakarta Berencana Gelar Razia Surat Antigen di Perbatasan

Budi juga menjelaskan, bahwa aturan larangan mudik ini berlaku mulai 6-17 Mei 2021 dan Kemenhub akan segera menerbitkan aturan teknis dalam menindaklanjuti kebijakan ini.

"Kebijakan ini, tentunya untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan. Seperti pada Januari 2020, setelah mudik Natal terjadi kenaikan kasus Covid-19 dan juga jumlah kematian tenaga kesehatan juga mencapai 100 orang," ujar Budi.

Lonjakan kasus positif Covid-19 pada Januari-Februari 2021 juga menjadi alasan adanya larangan Mudik Lebaran 2021 ini.

"Kemudian adanya warga lansia yang berisiko tinggi terpapar Covid-19, dan itu harus dilindungi," ujar Budi.

Menhub, Budi Karya Sumadi beserta jajarannya melakukan peninjauan progres pembangunan jalur KA Bandara YIA pada Jumat (12/3/2021).
Menhub, Budi Karya Sumadi beserta jajarannya melakukan peninjauan progres pembangunan jalur KA Bandara YIA pada Jumat (12/3/2021). (Istimewa)

Penyekatan Jalur Transportasi

Selain itu Budi, nantinya akan ada penyekatan di 300 lokasi simpul transportasi jalur darat.

"Kita berkoordinasi dengan polisi dan Kakorlantas bahwa kita akan secara tegas melarang mudik dan akan melakukan penyekatan di lebih dari 300 lokasi," katanya usai rapat paripurna kabinet, di Istana Negara, Jakarta, Rabu, (7/4/2021).

Halaman
12
Editor: Muhammad Fatoni
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved