Breaking News:

Obat Alami Tekanan Darah Tinggi, Cukup Mengonsumsi 8 Buah-buahan Ini

Jika enggan mengonsumsi obat kimia penurun darah tinggi, buah-buahan berikut bisa menjadi alternatif obat alami darah tinggi.

www.takrimulquran.org
Buah Delima 

Tribunjogja.com - Anda menderita tekanan darah tinggi? Jangan khawatir. Jika enggan mengonsumsi obat kimia penurun darah tinggi, buah-buahan berikut bisa menjadi alternatif obat alami darah tinggi.

Penderita tekanan darah tinggi perlu menjalankan pola makan sehat yang kaya serat, banyak mengandung potasium dan magnesium, dan minim natrium. 

Untuk menurunkan tekanan darah tinggi secara alami, bisa dilakukan dengan rajin makan buah dan sayur.

Ilustrasi
Ilustrasi (Shutterstock)

Bagi Anda yang ingin mengendalikan hipertensi dengan buah, berikut rekomendasi buah untuk menurunkan darah tinggi: 

1. Stroberi dan blueberry

Dilansir dari Medical News Today, buah beri seperti stroberi dan blueberry dapat membantu menurunkan darah tinggi. Studi menunjukkan, stroberi dan blueberry mengandung senyawa antioksidan jenis antosianin yang dapat menurunkan risiko tekanan darah tinggi

2. Pisang

Pisang termasuk buah yang baik untuk penderita tekanan darah tinggi. Buah ini mengandung banyak potasium yang bisa menurunkan darah tinggi. 

Menurut American Heart Association, potasium bisa mengurangi efek buruk natrium dan mengurangi ketegangan di dinding pembuluh darah.

Baca juga: Posisi Tidur yang Disarankan Ketika Darah Tinggi Kambuh

Hal yang perlu diperhatikan, penderita tekanan darah tinggi yang punya gangguan ginjal perlu berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi pisang atau makanan tinggi potasium lainnya. 

Halaman
123
Editor: Rina Eviana
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved