Breaking News:

Sebelum ASPD, Seluruh Siswa SMPN 5 Yogyakarta Akan Jalani Tes GeNose C19

Sejumlah sekolah jenjang SD/MI dan SMP/MTs di 5 kabupaten/kota se-DIY sedang mempersiapkan diri untuk pelaksanaan asesmen standardisasi pendidikan

dok.istimewa
ilustrasi berita pendidikan 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Maruti Asmaul Husna

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Sejumlah sekolah jenjang SD/MI dan SMP/MTs di 5 kabupaten/kota se-DIY sedang mempersiapkan diri untuk pelaksanaan asesmen standardisasi pendidikan daerah (ASPD) DIY.

ASPD direncanakan akan digelar secara tatap muka di sekolah masing-masing. Siswa yang terlibat adalah seluruh siswa kelas VI dan IX.

Khusus jenjang SMP, ASPD akan dilaksanakan 5-8 April 2021. Sementara, untuk jenjang SD pada akhir Mei.

Kepala SMPN 5 Yogyakarta, Nuryani Agusti mengatakan ASPD bertujuan untuk memetakan hasil belajar siswa selama ini.

Baca juga: Dishub DIY Akan Melakukan Pemeriksaan Rapid Test Antigen di Terminal Jelang Libur Lebaran

Pihaknya telah menyiapkan prosedur operasional standar serta infrastruktur sekolah untuk mendukung ASPD tetap berjalan sesuai protokol kesehatan.

"Anak-anak sudah dibekali. Dari masuk gerbang sampai pulang. Berbagai infrastruktur sudah kami siapkan, seperti ada 77 wastafel, 33 thermo gun, juga masker medis bagi siswa yang nanti tidak memakai masker sesuai standar," ungkapnya kepada Tribunjogja.com, Senin (29/3/2021).

Selain itu, kata Nuryani, orang tua siswa kelas IX SMPN 5 Yogyakarta juga berinisiatif untuk menerapkan tes GeNose C19 kepada anak-anaknya menjelang ASPD.

"Ada tes GeNose mandiri, inisiatif dari orang tua agar aman dan nyaman melepas anak ke sekolah. Orang tua bekerja sama dengan RS Sardjito. Anak-anak nanti sudah membawa hasil pemeriksaannya ke sekolah. Kami tidak memaksakan untuk ini, syaratnya hanya anak-anak sehat dan suhu tubuh tidak melampaui 37,5 derajat celcius," jelas Nuryani.

Adapun terkait sarana dan prasarana, Nuryani menyebutkan, pihaknya sudah menyiapkan 6 ruangan khusus untuk ASPD.

Halaman
12
Penulis: Maruti Asmaul Husna
Editor: Kurniatul Hidayah
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved