Breaking News:

Berita Kesehatan

8 Tanda Seorang Introvert : Tidak Sama dengan Pemalu

Introvert tidak sama dengan kecemasan sosial atau rasa malu atau pemalu. Menjadi seorang introvert tidak berarti Anda cemas atau pemalu secara sosial

Penulis: Mona Kriesdinar | Editor: Mona Kriesdinar
stocksnap / pixabay
Ilustrasi Introvert 

TRIBUNJOGJA.COM - Introvert merupakan salah satu ciri kepribadian yang ditandai dengan fokus pada perasaan internal daripada sumber stimulasi eksternal.

Patut dicatat bahwa introvert tidak sama dengan kecemasan sosial atau rasa malu atau pemalu. Menjadi seorang introvert tidak berarti Anda cemas atau pemalu secara sosial.

Apa Itu Introvert?

Introversi adalah salah satu ciri kepribadian utama  yang  diidentifikasi dalam banyak teori kepribadian.

Orang yang introvert cenderung fokus ke dalam, atau lebih fokus pada pikiran, perasaan, dan suasana hati internal daripada mencari rangsangan eksternal.

Sehingga dengan begitu, introvert cenderung lebih pendiam, dan mawas diri. Tidak seperti ekstrovert yang memperoleh energi dari interaksi sosial, introvert harus mengeluarkan energi dalam situasi sosial.

Setelah menghadiri pesta atau menghabiskan waktu bersama sekelompok besar orang, introvert sering kali merasa perlu untuk "mengisi ulang" dengan menghabiskan waktu sendirian.

Baca juga: 5 Zodiak yang Dikenal Introvert

Tanda Umum

Apakah Anda berasumsi bahwa Anda tahu siapa yang introvert dan siapa yang tidak? Meskipun Anda mungkin menganggap introvert sebagai pemalu yang lebih suka tinggal di rumah sendiri daripada bersosialisasi, introvert sebenarnya bisa datang dalam berbagai tipe dengan berbagai karakteristik.

Memang ada banyak introvert yang tertutup secara sosial dan yang lebih suka tinggal di rumah dan membaca buku daripada pergi ke pesta.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved