Breaking News:

Berita Kesehatan

Apakah Diabetes Bisa Disembuhkan? Ini Penjelasan Ilmiahnya

Melalui perubahan pola makan dan penurunan berat badan, Anda mungkin dapat mencapai dan mempertahankan kadar gula darah normal tanpa pengobatan.

News Medical Today
Ilustrasi angka harapan hidup penderita diabetes 

TRIBUNJOGJA.COM - Apakah diabetes benar-benar bisa disembuhkan? Jawaban singkatnya adalah tidak ada obat untuk diabetes tipe 2. Tapi penelitian menunjukkan ada kemungkinan bagi beberapa orang untuk bisa membalikkannya. Melalui perubahan pola makan dan penurunan berat badan, Anda mungkin dapat mencapai dan mempertahankan kadar gula darah normal tanpa pengobatan.

Ini tidak berarti Anda benar-benar sembuh. 

Diabetes tipe 2 adalah penyakit yang berkelanjutan. 

Bahkan jika Anda dalam keadaan remisi, yang berarti Anda tidak minum obat dan kadar gula darah Anda tetap dalam kisaran yang sehat, selalu ada kemungkinan gejala akan kembali. 

Tetapi mungkin bagi beberapa orang untuk menjalani bertahun-tahun tanpa kesulitan mengendalikan glukosa mereka dan masalah kesehatan yang menyertai diabetes.

Jadi, bagaimana Anda bisa membalikkan diabetes ? 

Kuncinya adalah penurunan berat badan. Menurunkan berat badan tidak hanya dapat membantu Anda mengelola diabetes, terkadang menurunkan berat badan yang cukup dapat membantu Anda hidup bebas diabetes - terutama jika Anda hanya menderita penyakit ini selama beberapa tahun dan tidak memerlukan insulin.

Baca juga: Rekomendasi Sayuran yang Paling Baik untuk Penderita Diabetes Tipe 2

Diet Rendah Kalori

Beberapa penelitian di Inggris telah melihat efek dari diet sangat rendah kalori pada diabetes. 

Dua orang meminta orang mengikuti diet cairan yang sebagian besar terdiri dari 625-850 kalori sehari selama 2-5 bulan, diikuti dengan diet yang tidak terlalu dibatasi yang dirancang untuk membantu mereka mempertahankan berat badan yang hilang. 

Kedua studi tersebut menemukan bahwa hampir setengah dari orang-orang yang ikut serta dalam pemulihan diabetes mereka dan menjaga glukosa darah mereka mendekati kisaran normal setidaknya selama 6 bulan sampai satu tahun.

Halaman
1234
Penulis: Mona Kriesdinar
Editor: Mona Kriesdinar
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved