Breaking News:

Diet Tepat Menurut Ahli Nutrisi, Jangan Asal Ikut Apa Kata Tutorial

Banyak diet yang dilakukan masyarakat mengikuti dari apa kata selebriti atau juga tutorial di YouTube.

Penulis: Ardhike Indah | Editor: Iwan Al Khasni
ist
ilustrasi makanan diet 

Tribunjogja.com Yogyakarta -- Banyak diet yang dilakukan masyarakat mengikuti dari apa kata selebriti atau juga tutorial di YouTube. Namun sebenarnya, diet itu benar-benar bersifat personal dan tidak bisa asal mengikuti kata selebriti maupun langkah-langkah di internet.

“Diet itu masing-masing. Bisa saja dietnya cocok ke A, tapi tidak cocok ke B atau sebaliknya. Setiap orang kan berbeda-beda, tergantung hormon, kondisi tubuh,” ungkap Nutrisionis Iriyanti Harun SKM MGizi kepada Tribun Jogja, Sabtu (6/1/2021).

Ia menjelaskan, siapapun yang ingin melakukan diet, perlu bertanya atau asesmen terlebih dahulu ke seseorang profesional.

Dengan begitu, dia akan menemukan metode diet yang tepat untuk dirinya.

“Ya kita lihat dulu, berapa tingginya, berat badannya, penyakit bawaannya, pemeriksaan laboratoriumnya. Ini biar jelas, dia bisa diet seperti apa,” paparnya lagi.

Ditanya mengenai diet yang menyehatkan, Iriyanti mengungkapkan, diet sehat itu bisa dilakukan seumur hidup.

Ia cukup prihatin ada berbagai macam diet yang tidak sehat diikuti oleh masyarakat gara-gara selebriti mempromosikannya.

“Untuk diet sehat pastinya kita yang sedang diet jadi tidak stres, senang, tidak uring-uringan dan tidak memberikan dampak ke lingkungan sekitar,” beber perempuan yang akrab disapa Ryan ini.

Ia mencontohkan, jika ada orang yang sedang diet tapi enggan makan banyak makanan ketika sedang kumpul-kumpul, maka itu adalah indikasi diet tidak sehat.

Menurutnya, diet seperti itu memberikan dampak tidak baik ke lingkungan karena efek psikologis penolakan orang.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved