BBPOM Yogyakarta: Apotek Harus Memiliki Apoteker untuk Menghindari Kesalahan Pemberian Obat

Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Yogyakarta mengimbau seluruh apotek yang berada di wilayah Yogyakarta

Shutterstock
Ilustrasi 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Nanda Sagita Ginting

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Yogyakarta mengimbau seluruh apotek yang berada di wilayah Yogyakarta harus memiliki apoteker sebagai profesionalitas dalam membuka usaha 

Kepala Balai Besar POM di Yogyakarta, Dra Dewi Prawitasari Apt MKes menuturkan, kebijakan kepemilikan apoteker bagi apotek terus digalakkan untuk meminimalisir terjadinya malinformasi terhadap penggunaan obat.

"Ini yang terus kami dorong kepada pemerintah daerah, agar kondisi apotek yang belum memiliki apoteker diperhatikan. Karena, perannya sangat krusial," jelasnya, Jumat (05/03/2021).

Baca juga: Doa Nabi Ibrahim Untuk Kedua Orang Tua, Riwayatnya, Berikut Terjemahan Bahasa Indonesianya

Selain itu, kebijakan tersebut pun telah diatur dalam Permenkes Nomor 26 Tahun 2018 tentang Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secaea Elektronik Sektor Kesehatan.

Di mana dalam peraturan tersebut menegaskan, agar apotek se-Indonesia mengedepankan peran apoteker untuk menyelenggarakan praktik kefarmasian sebaik-baiknya. 

"Aturannya kan sudah jelas, kami juga akan berkoordinasi dengan Dinkes Kabupaten/Kota terkait hal ini. Selain itu, keahlian apoteker juga diperlukan untuk mengurangi risiko pemakaian obat keras ataupun ilegal, " tuturnya.

Baca juga: Luis Suarez Meninggalkan Barcelona Sama Efeknya ketika Real Madrid Kehilangan Ronaldo

Sementara itu, terkait penemuan apotek tanpa apoteker di DI Yogyakarta, pihaknya, belum bisa memastikan jumlahnya karena masih dalam koordinasi.

"Untuk jumlahnya belum bisa disebutkan. Namun, pastinya ini masih dalam pemantauan kami bersama instansi terkait," urainya. (ndg)

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved