Breaking News:

Kulon Progo

Dinas Pariwisata Kulon Progo Launching Musik Krumpyung

Dinpar Kabupaten Kulon Progo meluncurkan musik krumpyung sebagai musik khas yang akan menghiasi di sejumlah usaha jasa pariwisata

Tribun Jogja/Sri Cahyani Putri Purwaningsih
Launching Musik Krumpyung oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Kulon Progo. 

TRIBUNJOGJA.COM, KULON PROGO - Dinas Pariwisata (Dinpar) Kabupaten Kulon Progo meluncurkan musik krumpyung sebagai musik khas yang akan menghiasi di sejumlah usaha jasa pariwisata (ujp) baik hotel, restoran dan tempat-tempat pariwisata. 

Kepala Dinas Pariwisata (Dinpar) Kabupaten Kulon Progo, Joko Mursito mengatakan selama ini musik dengan bernuansa angguk ini lebih dikenal oleh masyarakat sebagai iringan tari. 

Namun sekarang ini musik krumpyung menjadi musik ilustrasi. 

"Karena selama ini, kami juga masih melihat banyak warung yang menggunakan musik dari Bandung dan Bali.

Untuk itu, kami coba gelorakan musik krumpyung ini di sejumlah ujp. Ada 50 keping CD untuk diapresiasi dulu sembari menunggu feedback kekurangannya untuk disempurnakan," tuturnya Minggu(28/2/2021). 

Musik tersebut oleh Joko kemudian disimulasikan di pantai wewe (papan santai warna wisata) yang berada di kompleks Dinpar Kulon Progo. 

Joko mengungkapkan pantai wewe tercipta karena di masa pandemi banyak keterbatasan ketika mengadakan pertemuan di ruang tertutup dengan menggunakan AC yang sedikit dihindari. 

Baca juga: Dampak Pemangkasan Cuti Bersama, PHRI DIY Prediksi Okupansi Hotel Turun

Baca juga: IMAJI Berharap Bupati Baru Mampu Tangani Persoalan Bunuh Diri di Gunungkidul

Kemudian, ia menciptakan ruang untuk pertemuan di area terbuka dengan memanfaatkan tempat yang sebelumnya tidak termanfaatkan. 

Hal ini dilakukan sebagai upaya memberikan contoh. 

"Kalau kita koar-koar ke masyarakat dan destinasi wisata untuk membuat destinasi wisata yang bagus dan mengemas pariwisata yang baik tanpa dilakukan dari unit terkecil hasilnya non sense.

Halaman
12
Penulis: Sri Cahyani Putri
Editor: Hari Susmayanti
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved