Breaking News:

Dampak Pemangkasan Cuti Bersama, PHRI DIY Prediksi Okupansi Hotel Turun

Dampak Pemangkasan Cuti Bersama, PHRI DIY Terancam Kehilangan 20 Persen Okupansi

Penulis: Miftahul Huda | Editor: Hari Susmayanti
Istimewa
Ketua PHRI DIY, Deddy Pranowo Eryono 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Pemerintah pusat telah memutuskan pemangkasan cuti bersama di tahun 2021.

Pemangkasan cuti bersama tersebut menyesuaikan terbitnya Surat Keputusan Bersama (SKB) antara Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Nomor 281 Tahun 2021, Nomor 1 Tahun 2021, Nomor 1 Tahun 2021.

Dalam putusannya cuti bersama 2021 yang dipangkas sebanyak lima hari, yakni 12 Maret yaitu cuti bersama dalam rangka Isra Miraj Nabi Muhammad SAW, dan tanggal 17, 18, dan 19 Mei yaitu cuti bersama dalam rangka Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah, serta tanggal 27 Desember yaitu cuti bersama dalam rangka Hari Raya Natal 2021.

Sementara cuti bersama yang tetap yakni 12 Mei dalam rangka Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah, dan 24 Desember dalam rangka Raya Natal 2021. 

Merespon hal tersebut, Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menyesalkan adanya keputusan pemangkasan cuti bersama.

Ketua PHRI DIY Deddy Pranowo Eryono menyampaikan, April hingga Mei mendatang sudah diproyeksikan menjadi salah satu peak season okupansi hotel di triwulan pertama 2021.

Pihaknya sudah mencatat, meski di tengah pandemi saat ini, peak season yang diakumulasikan pada April sampai Mei sebesar 60 persen okupansi.

Akan tetapi, adanya surat SKB tiga menteri yang memangkas beberapa jatah cuti bersama tersebut menurutnya menjadi pukulan keras bagi anggota PHRI DIY.

"Ya kami pasrah saja dengan keadaan seperti saat ini. Tentu kehilangan sudah di tengah pandemi dan kehilangan peak season. Proyeksi kami ya 60 persen okupansi ketika full saat cuti lebaran di tengah pandemi," katanya, kepada Tribunjogja.com, Minggu (28/2/2021).

Baca juga: Industri Wisata Semakin Lemah, PHRI DIY Teruskan Aksi Prihatin Pita Hitam

Baca juga: Pemerintah Resmi Pangkas Cuti Bersama 2021, Berikut Daftar Terbaru Hari Libur Nasional Tahun Ini

Ia menambahkan, dampak pemangkasan cuti bersama tersebut, mulai Februari ini dikatakan olehnya sudah ada penundaan pemesanan kamar hotel dari wisatawan sebanyak 20 persen.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved