Breaking News:

Prakiraan Cuaca BMKG

Prakiraan Cuaca BMKG Sabtu 27 Februari 2021, 18 Provinsi Turun Hujan Lebat, Salah Satunya Jabar

Sebagian besar wilayah di Indonesia masih akan diguyur hujan dengan intensitas ringan hingga lebat pada Sabtu (27/2/2021) besok

bmkg.go.id
ILUSTRASI Citra Satelit 

TRIBUNJOGJA.COM, JAKARTA - Sebagian besar wilayah di Indonesia masih akan diguyur hujan dengan intensitas ringan hingga lebat pada Sabtu (27/2/2021) besok.

Berdasarkan prakiraan cuaca Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), sebanyak 24 provinsi yang diprediksi akan diguyur hujan.

Rinciannya, sebanyak 18 provinsi diprediksi akan diguyur hujan lebat disertai angin kencang dan petir.

Sementara itu 6 provinsi lainnya diprediksi akan diguyur hujan disertai angin kencang dan petir.

Potensi hujan lebat di sejumlah daerah ini dipengaruhi oleh Tropical Low (993 mb) terpantau di Samudra Hindia Barat Daya Lampung.

Hal itu secara tidak langsung membentuk daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) yang memanjang di Samudera Hindia Barat Sumatera hingga Barat Daya Banten dan di Pesisir Barat Sumatera.

Selain itu, terdapat peningkatan kecepatan angin/Low Level Jet (LLJ) yang terinduksi oleh Tropical Low tersebut di perairan barat Bengkulu hingga selatan Banten dengan kecepatan angin mencapai >25 kt.

Kondisi tersebut dapat meningkatkan pertumbuhan awan-awan hujan di sekitar sistem tropical Low dan disepanjang daerah konvergensi serta mampu meningkatkan tinggi gelombang di perairan sepanjang LLJ tersebut.

Sirkulasi siklonik terpantau di Australia bag Utara yang membentuk konvergensi memanjang di NTT bagian Selatan dan sirkulasi siklonik di Laut Cina Selatan yang belum tampak menunjukkan pengaruh terhadap kondisi cuaca di wilayah Indonesia.

Daerah perlambatan kecepatan angin/konvergensi terpantaumemanjang dari Jawa Barat hingga perairan Selatan Yogyakarta, dari Utara Kalimantan Barat hingga Selat Makassar, dari Selat Makassar bagian Tengah hingga Laut Maluku, dan dari Papua Barat hingga Papua.

Halaman
1234
Editor: Hari Susmayanti
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved