Breaking News:

Gelar Focus Group Discussion, Pemkot Magelang Jaring Masukan dari PKL dan UMKM

Adapun masukan para peserta FGD akan menjadi salah satu pertimbangan dalam perumusan kebijakan kepala daerah ke depan.

Dok. Humas Pemkot Magelang
Melalui Bappeda, Pemkot Magelang gelar focus group discussion (FGD) yang dihadiri oleh UMKM, PKL, dan Koperasi, Senin (22/2/2021). 

TRIBUNJOGJA.com – Pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), pedagang kaki lima (PKL), hingga koperasi, dan lainnya mengikuti focus group discussion (FGD) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2022.

Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Magelang.

Lewat FGD, UMKM, PKL, dan Koperasi diminta memberikan saran dan masukan untuk sektor ekonomi kerakyatan. Adapun masukan ini akan menjadi salah satu pertimbangan dalam perumusan kebijakan kepala daerah ke depan.

Selain para peserta, hadir pula Anggota Komisi A DPRD Kota Magelang, Tyas Anggraeni dan sejumlah pejabat organisasi perangkat daerah (OPD), seperti Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag).

Kepala Bidang Ekonomi dan Prasarana Wilayah Bappeda Kota Magelang Iwan Triteny Setyadi mengatakan, FGD RKPD 2022 ini paralel (mirip) dengan pembahasan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2021-2022 yang masih berjalan.

Pelaksanaan FGD dilakukan dengan tema yang bervariasi, termasuk kali ini tentang pemulihan ekonomi melalui pemberdayaan ekonomi masyarakat.

“Dari kegiatan ini, kami berharap mendapat masukan dan saran dari pelakunya langsung (UMKM, PKL, dan Koperasi),” ujarnya, seperti dalam keterangan tertulis yang diterima Tribun Jogja, Rabu (24/22021).

Selain masukan, pihaknya juga ingin mengetahui kondisi dan masalah di masyarakat. Utamanya terkait akibat dari pandemi Covid-19. Begitu pula dengan keinginan mereka.

Menurut Iwan, pembangunan daerah tidak lepas dari kekuatan ekonomi kerakyatan.

Terlebih, Kota Magelang sebagai Kota Jasa dengan tulang punggungnya (penopang ekonomi) adalah pelayanan di sektor ekonomi, pendidikan, maupun kesehatan.

Halaman
12
Penulis: Dwi Nur Hayati
Editor: Mikhael Gewati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved