Breaking News:

Sebanyak 10.000 Dosis Vaksin Tiba, Vaksinasi Covid-19 Tahap Kedua di Klaten Segera Dimulai

Proses vaksinasi Covid-19 tahap kedua termin pertama bagi pelayan publik seperti TNI dan Polri di Kabupaten Klaten bakal segera di mulai.

SHUTTERSTOCK/Orpheus FX
Ilustrasi 

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Proses vaksinasi Covid-19 tahap kedua termin pertama bagi pelayan publik seperti TNI dan Polri di Kabupaten Klaten bakal segera di mulai.

Hal itu menyusul telah datangnya vaksin Covid-19  untuk pelayan publik itu di Kabupaten Bersinar sebanyak 10.000 dosis pada Senin (22/2/2021).

"Kita dapat 1.000 vial, jumlah 1.000 vial itu dengan asumsi 10.000 dosis," ujar Tim Teknis Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Klaten, Anggit Budiarto, saat dihubungi Tribun Jogja, Selasa (23/2/2021).

Baca juga: Akademisi UNY: Bisnis Pembuatan Ijazah Palsu Adalah Kejahatan Luar Biasa, Harus Ditindak Tegas

Ia mengatakan, sebelum memberikan vaksin Covid-19 kepada TNI dan Polri yang bertugas di Klaten, pihaknya bakal memberikan vaksin kepada 2.555 tenaga kesehatan (nakes) yang belum di vaksin.

"Jumlah vaksin ini untuk menyelesaikan proses vaksin tahap pertama dulu. Karena masih ada 2.555 nakes yang tertunda proses vaksinnya. Nanti sisanya baru prioritas," jelasnya.

Ia mengatakan, proses vaksinasi bagi TNI dan Polri bakal di lakukan selama dua hari dan tersebar di sejumlah puskesmas dan rumah sakit yang ada di Klaten.

"Lokasinya sudah kita bagi di fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes) yang ada. Hari ini vaksin sudah mulai didistribusikan kepada seluruh fasyankes yang ada," ucap dia.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Klaten, Cahyono Widodo mengatakan, jika hampir 98 persen atau sekitar 5900 tenaga kesehatan (Nakes) di Kabupaten Klaten telah mendapatkan vaksin Covid-19 sejak program vaksinasi dimulai pada beberapa waktu terakhir.

Adapun nakes yang mendapatkan vaksinasi Covid-19 itu tersebar di rumah sakit, puskesmas, klinik hingga pusat pelayanan kesehatan yang ada di seluruh kecamatan yang ada di Klaten.

Baca juga: Sebanyak 46 Ribu Lansia di Kota Yogyakarta Masuk Potensi Vaksinasi Covid-19

"Hingga data kemarin itu, kita sudah 98 persen nakes atau sekitar 5.900 nakes menerima vaksin," ujar Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Klaten, Cahyono Widodo saat ditemui di Pendapa Pemkab Klaten, Rabu (17/2/2021).

Ia mengatakan, adapun sekitar 2 persen nakes yang  tertunda menjalani vaksin karena terkendala administrasi kesehatan dan jika kesehatan seperti tekanan darah sudah normal, proses vaksin akan segeran dilakukan.

"Iya, artinya nakes yang kemarin tertunda-tertunda itu kita lengkapi dulu setelah itu baru menyasar yang lainnya," ucapnya.

Cahyono mengatakan, selama menjalani proses vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Klaten, semua nakes sepakat dan bersedia untuk menjalani program vaksinasi. (Mur)

Penulis: Almurfi Syofyan
Editor: Kurniatul Hidayah
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved