Breaking News:

Ijazah S3 Dibanderol Rp 11 Juta, Pelaku Menawarkan Jasa di Media Sosial

Bisnis pembuatan ijazah palsu marak kembali. Terdapat orang yang menawarkan jasa pembuatan ijazah mulai dari Sekolah Dasar (SD) hingga ijazah

Government of Alberta
Ilustrasi Ijazah Palsu 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Bisnis pembuatan ijazah palsu marak kembali. Terdapat orang yang menawarkan jasa pembuatan ijazah mulai dari Sekolah Dasar (SD) hingga ijazah strata-3 (S3).

Dalam penelusuran Tribun Jogja, harga jasa pembuatan ijazah palsu antara kisaran Rp 2 juta untuk tingkat SD hingga Rp 11 juta untuk ijazah S3.

Awalnya penawaran pembuatan ijazah tersebut diunggah via Facebook.

"Bisa, Pak, yang penting format anda nanti lengkap untuk melakukan pengajuan pembuatan ijazah S1," katanya saat dihubungi melalui pesan instan, kemarin.

Baca juga: Komunitas Pedagang dan PKL di Malioboro Dukung Pemkot Terapkan Sanksi Bagi yang Menolak Vaksin

Format yang dimaksud ialah, konsumen diminta mengirimkan data diri yang menyerupai format ijazah, yakni; nama lengkap, NIM (bagi yang berstatus mahasiswa), tempat tanggal lahir, jenis kelamin, foto studio ukuran 4 x 6, foto KTP dan foto tanda tangan, nama universitas dan program studi, tahun masuk dan tahun kelulusan yang diinginkan, nilai IPK, dan alamat domisili.

Setelah itu, proses pembuatan ijazah sesuai pesanan dapat ditunggu berdasarkan kesepakatan.

"Untuk pembayarannya, nanti itu diketahui setelah format yang diajukan dan dilihat. Tergantung dari kesulitannya, minimal nanti akan ada pembayaran biaya awal pengurusan," jelasnya.

Orang tersebut menjamin keaslian ‘wajah’ ijazah yang dipesan dapat disetarakan dengan ijazah asli yang didapat dari hasil proses studi dan dikeluarkan oleh lembaga yang berwenang.

Hal itu dibuktikan dengan sejumlah contoh ijazah bodong tersebut, lengkap dengan logo universitas yang dipilih oleh pemesan, dan belum ditandatangangani oleh rektor maupun dekan dari universitas sesuai pesanan.

Ditanya terkait perbedaan harga pembuatan ijazah dari kampus swasta dan negeri, sang pembuat enggan menjelaskan.

Halaman
123
Penulis: Miftahul Huda
Editor: Kurniatul Hidayah
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved