Breaking News:

PDIP Jogja Dukung Gerakan Rawat Lingkungan Sekitar Bantaran Sungai Agar Terbebas Bencana Banjir

Eko Suwanto berpartisipasi dalam acara menanam pohon dan menabur benih ikan secara serentak di Jakarta.

Istimewa
Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Yogyakarta, Eko Suwanto berpartisipasi dalam acara menanam pohon dan menabur benih ikan secara serentak di Jakarta. 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Yogyakarta, Eko Suwanto berpartisipasi dalam acara menanam pohon dan menabur benih ikan secara serentak di Jakarta.

Kegiatan yang jadi bagian dari gerakan politik hijau dalam rangka melaksanakan Program Gerakan Penghijauan dan Bersih-bersih Daerah Aliran Sungai (DAS), Cinta Ciliwung Bersih, gelombang kedua yang dicanangkan PDI Perjuangan.

"Seluruh kader dan petugas partai PDI Perjuangan turut mendukung gerakan nasional ini. Kita aktif memilih menanam kebaikan, menanam pohon dan tebar ikan sesuai arahan Ketua Umum Megawati Soekarnoputri," kata Eko Suwanto, Minggu (21/2/2021) di sela aksi menanam pohon di Kali Banjir Kanal Timur (BKT) RW 06 Cipinang Besar Selatan Jatinegara Jakarta Timur.

Secara khusus, PDI Perjuangan Kota Yogyakarta telah menjalankan program aksi politik hijau untuk merawat lingkungan di bantaran sungai yang membelah kota Yogyakarta yaitu di Kali Code, Kali Winongo dan Kali Gadjah Wong.

Langkah merawat lingkungan dan menanam pohon aneka buah dilakukan secara serentak bersama struktural pengurus cabang hingga anak ranting dan Satgas Andika Wiratama.

"PDI Perjuangan Kota Yogyakarta hadir dan ikut dalam merawat lingkungan bantaran sungai di DAS Ciliwung ini sebagai wujud gotong royong menyelesaikan masalah nasional. Sumbangsih kita untuk bersama ingatkan semua agar selalu cinta dan peduli meraeat lingkungan fi bantaran sungai, agar terbebas banjir," kata Eko Suwanto.

Ketua DPP PDI Perjuangan, mantan Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat di tempat terpisah bersama kader PDI Perjuangan menanam pohon dan menabur ribuan benih ikan mujair di Waduk Cincin, Jakarta Utara.

Djarot Syaiful Hidayat menuturkan, ini adalah bagian gerakan politik hijau yang dilakukan oleh PDI Perjuangan.

"Politik bukan sekedar merebut kekuasaan. Tapi membangun kesadaran kita untuk mencintai alam semesta, merawat bumi," kata Djarot.

Mantan Wali Kota Blitar menuturkan, apa yang dilakukan pihaknya adalah tindakan nyata dalam merawat lingkungan. Bukan hanya sekedar wacana.

"Ini adalah tindakan nyata. Menamam pohon artinya menanam kebaikan, menanam masa depan. Menabur ikan adalah menabur manfaat untuk anak cucu kita," kata Djarot.

Djarot menambahkan, gerakan yang dilakukan PDIP adalah gerakan yang berkelanjutan. "Ini dilakukan sampai bulan Mei, setelah itu bulan Juni bulan Bung Karno sampai HUT RI, dan terus dilanjutkan. Ini dampaknya jangka panjang. Ini kan tidak bisa sekali," kata Djarot.

Mengisi rangkaian kegiatan ini, secara terpisah Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto, Wakil Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan Sadarestuwati, dan Ketua DPP PDI Perjuangan yang juga Menteri Sosial Tri Rismaharini turut ambil bagian dalam aksi politik hijau, menanam pohon dan menebar benih ikan mujair di Jakarta. (rls)

Editor: ribut raharjo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved