Breaking News:

Serap Tenaga Kerja, Satu Paket Padat Karya Digulirkan Pemkot Yogyakarta Per Juni 2021 Mendatang

Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta berupaya menyerap tenaga kerja di masa pandemi Covid-19 ini, dengan menggelar program padat karya.

TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
Berita Kota Yogya 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta berupaya menyerap tenaga kerja di masa pandemi Covid-19 ini, dengan menggelar program padat karya.

Namun, sejauh ini, baru satu proyek yang dipastikan bakal berjalan.

Kepala Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Yogyakarta, Maryustion Tonang mengatakan, satu program padat karya tersebut bergulir di Kecamatan Mantrijeron per Juni 2021 mendatang dan dibiayai APBD Kota Yogyakarta.

Baca juga: Ikuti Instruksi, Gunungkidul Tetap Berlakukan Belajar di Rumah (BDR) Hingga Saat Ini

"Sesuai dengan proposal, itu untuk bikin jalan lingkungan dengan cor blok. Anggarannya Rp 304 juta. Sejauh ini cuma satu yang didanai APBD," cetusnya, Jumat (19/2/2021).

Menurut Maryustion, proyek tersebut berasal dari usulan warga masyarakat setempat.

Melalui paket padat karya ini, lanjut ia, Pemkot bisa menyerap setidaknya 48 tenaga kerja, yang semua merupakan warga domisili Mantrjneron.

"Berdasarkan pengalaman yang sudah-sudah, memang ada dukungan untuk padat karya dari APBD DIY. Tapi, sampai saat ini kita belum mendapatkan informasi ya," terangnya.

Baca juga: Kapolsek Astana Anyar Diduga Nyabu Bareng Anggota, Kapolri : Tak Ada Toleransi, Akan Ditindak Tegas

Di samping padat karya, Dinsosnakertrans Kota Yogyakarta juga menggelar beberapa program penyerapan tenaga kerja dalam wujud pelatihan.

Salah satunya, program tenaga kerja mandiri bagi warganya, yang baru mengawali usaha.

"Jadi, dia yang sudah punya bisnis, awal-awal ya, kemudian kita intervensi di sana, untuk memperkuat kapasitas SDM. Caranya, dengan pelatihan-pelatihan," ujarnya. (aka)

Penulis: Azka Ramadhan
Editor: Kurniatul Hidayah
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved