Breaking News:

Dugaan Kasus Korupsi Stadion Mandala Krida, Masyarakat Diminta Dukung KPK Usut Tuntas

“Artinya, kepala daerah, gubernur, sultan, akademisi dan masyarakat Yogyakarta jangan ada yang berupaya melawan penegakan hukum ini,” katanya

Tribun Jogja/ Hasan Sakri Ghozali
Stadion Mandala Krida Yogyakarta 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Ardhike Indah

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Penyelidikan Komisi Pemberatasan Korupsi (KPK) terhadap kasus dugaan korupsi Stadion Mandala Krida diapresiasi banyak pihak.

Dosen Hukum Tata Negara Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga (UIN SUKA), Gugun El Guyanie SH LLM meminta masyarakat untuk mendukung upaya KPK menuntaskan kasus tersebut.

Sebab, kerugian negara akibat korupsi itu mencapai Rp 35 miliar.

Baca juga: Pukat UGM Sorot Penggeledahan KPK yang Dilakukan 2 Bulan Setelah Panggil Saksi Kasus Mandala Krida

“Artinya, kepala daerah, gubernur, sultan, akademisi dan masyarakat Yogyakarta jangan ada yang berupaya melawan penegakan hukum ini,” katanya kepada Tribun Jogja, Jumat (19/2/2021).

Ia menilai, kasus korupsi terjadi karena lemahnya pengawasan inspektorat dalam pemerintahan daerah di provinsi yang istimewa.

“Ini bukti lemahnya pengawasan sampai-sampai korupsi pembangunan Stadion Mandala Krida merugikan keuangan negara hingga Rp 35 miliar,” tuturnya.

Gugun menjelaskan, korupsi pengadaan fasilitas olahraga selama ini menjadi incaran para koruptor, karena anggarannya yang besar.

“Beberapa kajian mencatat bahwa korupsi pengadaan barang dan jasa melibatkan pejabat pemerintah daerah, pihak swasta, dan kadang partai politik,” ucap Gugun.

Baca juga: JCW Sarankan Sri Sultan Jaga Jarak Dengan Wakil Ketua KPK Untuk Hormati Proses Penyidikan

Tidak heran, pembangunan stadion menjadi sarana empuk untuk mengambil duit negara demi kepentingan pribadi dan golongan.

Hal ini lantaran sepakbola adalah olahraga yang mendapat tempat di hati jutaan rakyat. (ard)

Penulis: Ardhike Indah
Editor: Kurniatul Hidayah
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved